Ekonomi Kreatif umkm

Bawa Asa Mendunia, Malang City Expo Angkat Potensi Kearifan Lokal

Sukun (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar Malang City Expo 2024 pada 7-10 Maret 2024. Penjabat (Pj.) Ketua Dekranasda Kota Malang Dra. H. Hanik Andriani Wahyu Hidayat secara resmi membuka acara yang digelar di Mall Malang City Point Kota Malang, Kamis (7/3/2024).

Pj. Ketua Dekranasda Kota Malang Hanik Andriani memukul gong tanda dimulainya MCE

Mewakili Pj. Wali Kota Malang, Sekretaris Diskopindag Kota Malang Drs. Raymond Hatigoran Matondang, M. AP. menyampaikan bahwa gelaran tahunan yang dilaksanakan kedelapan kalinya ini mengangkat tema ‘Potensi Kearifan Lokal Mendukung Kota Malang Menuju Kota Kreatif Dunia’. Menurutnya gelaran ini menjadi ajang untuk menunjukkan potensi kreatif Kota Malang yang saat ini menuju cita-cita menjadi Kota Kreatif Dunia.

Kearifan lokal yang terpatri dalam budaya dan tradisi di Kota Malang memiliki peran penting dalam membangun identitas Kota Malang yang kreatif dan inovatif. Selain penyelenggaraan berbagai event dengan pelibatan UMKM dan pelaku kreatif, penguatan juga terimplementasi dalam program Kemis Mbois yang mewajibkan selurub ASN dan Non ASN di Pemkot Malang untuk menggunakan produk UMKM lokal. “Ini untuk mewujudkan Kota Malang sebagai pusat kreativitas yang berdaya saing global, tetapi tetap mengangkat nilai budaya dan kearifan lokal yang kami miliki,” pungkasnya.

Malang City Expo menjadi rangkaian acara dalam menyambut HUT ke-110 Kota Malang pada tanggal 1 April 2024 mendatang. Tak hanya diikuti oleh instansi dan UMKM Kota Malang saja, event ini juga diikuti oleh kementerian, beberapa daerah tetangga seperti Kota Batu, Kota Pekalongan, dan Kota Magelang. “Semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk terus berkolaborasi dan berkarya utamanya dalam rangka mendukung program nasional bangga buatan Indonesia dan bangga berwisata di Indonesia demi kemajuan perekonomian daerah dan negara yang kita cintai,” ungkapnya.

Perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM RI Siti Alfisahrah mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin apik antara Pemkot Malang dan para stakeholder sehingga gelaran Malang City Expo dapat terselenggara dengan menghadirkan dengan para pelaku usaha lokal dan nasional serta pelaku UMKM untuk mempromosikan produk unggulan pada masyarakat.

“Kami mengapresiasi gelaran ini yang memberi kesempatan pada UMKM mempromosikan produk unggulannya. Harapan kami, para pelaku UMKM dapat berpartsipasi dengan menyajikan produk berkualitas sesuai kebutuhan pasar. Semoga kegiatan ini diselenggarakan secar berkelanjutan dalam rangka mengangkat produk UMKM agar maju dan meningkat,” tuturnya.

Sementara itu Pj. Ketua Dekranasda Kota Malang Hanik Andriani menyampaikan Malang City Expo 2024 menjadi ajang pameran dan promosi potensi UMKM Kota Malang agar makin dikenal. “Harapannya produk UMKM Kota Malang tidak hanya dikenal di Malang, tapi juga merambah kancah nasional bahkan internasional. Beberapa produk UMKM Kota Malang ternyata juga telah dikenal di Amerika, Perancis, Dubai, dan berbagai wilayah Asia Tenggara seperti Almira Handmade dan Red Tulip,” sambungnya.

Hanik menuturkan bahwa tak hanya sekali produk-produk unggulan Kota Malang ini mendapat pesanan dari luar negeri, namun pesanan yang datang secara reguler. “Artinya produk kita bisa diterima dan kita juga dipercaya sehingga mendapat apresiasi dari luar negeri,” pungkasnya. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content