Klojen (malangkota.go.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang kembali menggelar Satu Data (SATA) Award Kota Malang Tahun 2024 yang saat ini memasuki Penilaian Tahap III. Dalam tahap ini, 13 nominator memaparkan kinerja pengolahan data yang telah dilakukan hingga siap disajikan dan diakses oleh khalayak. Penilaian Tahap III yang berlangsung di Ruang Ngalam Command Center (NCC) Balai Kota Malang ini dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso, S.T., M.T., Kamis (18/4/2024).

Sekda Kota Malang Erik Setyo Santoso saat memberikan sambutan 

‘Satu Data Sebagai Pilar Transformasi Pembangunan untuk Kota Malang Berkelas’ menjadi tema SATA Awards 2024 yang menjadi salah satu rangkaian dari semarak HUT ke-110 Kota Malang.

Erik dalam sambutannya menuturkan pentingnya data untuk menentukan arah kebijakan pembangunan daerah dan peningkatan kualitas layanan publik. “Ekspektasi masyarakat kita makin tinggi. Kerja keras tentu harus kita lakukan. Tapi kerja kita akan semakin efektif, efisien, tepat sasaran jika data tersedia secara lengkap, valid, masif sehingga harapan masyarakat dapat kita eksekusi dengan tepat,” tuturnya.

Erik berharap bahwa upaya membangun data harus dilakukan secara jangka panjang dan berkelanjutan. “Sehingga perangkat daerah dan aparatur seperti kita tidak lagi menyampaikan argumen-argumen kualitatif tanpa dasar, tapi semua bisa menyampaikan data yang terukur, rasional, logis, kuantitatif,” tegasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Malang Muhammad Nur Widianto, S.Sos menyampaikan bahwa penyelenggaraan SATA Awards 2024 menjadi ajang untuk menilai secara sistematis guna mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral pada masing-masing produsen data di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Pria yang kerap disapa Wiwid tersebut mengungkapkan gelaran SATA Awards 2024 ini beririsan dengan Evaluasi Penyelenggaran Statistik Sektoral (EPSS) 2024 sehingga diharapkan SATA Awards dapat mendukung Kota Malang dalam penyelenggaraan statistik sektoral. “Tentu diharapkan ini menjadi sebuah proses bisnis mapan karena dengan penyelenggaraan SATA Awards diharapkan menjadi jembatan untuk penilaian EPSS tingkat nasional,” sebutnya.

SATA Awards 2024 ini diikuti oleh 28 perangkat daerah, 57 kelurahan, dan 17 fasilitas pelayanan kesehatan. Adapun nominator yang mengikuti penilaian tahap III adalah lima perangkat daerah yakni Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), serta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan). Pada kategori puskesmas, nominator terpilih adalah Puskesmas Gribig, Puskesmas Bareng, Puskemas Janti, Puskesmas Pandanwangi, dan Puskemas Arjuno. Sementara untuk kategori kelurahan, yang masuk penilaian tahap III yakni Kelurahan Penanggungan, Gadang, dan Klojen.

Tampak hadir dalam proses penilaian tahap III ini para akademisi dan praktisi sebagai tim penilai, yang terdiri dari Dr. Mohammad Nuh, S.IP. M.Si (Fakultas Ilmu Administrasi UB), Dr. Dra. Ani Budi Astuti, M.Si (Departemen Statistika Fakultas MIPA UB), dan Erik Karya Nugraha (PT. Enygma Solusi Negeri). (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content