Berita

KPU Kota Malang Kukuhkan 55 Relawan Demokrasi

Klojen (malangkota.go.id) – 55 Relawan Demokrasi terpilih yang berasal dari berbagai kalangan dikukuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Selasa (22/01/2019) di Hotel Pelangi, Kota Malang. Dari relawan yang mayoritas kaum muda ini, KPU Kota Malang menargetkan partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 nanti dapat meningkat minimal menjadi 75 persen dari tahun 2014 lalu sebesar 68 persen.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin secara simbolis menyematkan atribut Relawan Demokrasi

Guna merealisasikan target tersebut, relawan yang juga menjadi salah satu perpanjangan tangan penyelenggara Pemilu tersebut fungsinya akan dimaksimalkan dan dibekali berbagai pengetahuan seputar proses Pemilu.

Beberapa hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin, usai melantik Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Menurutnya, salah satu tolak ukur keberhasilan pesta demokrasi dan juga kinerja penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU yaitu tingginya partisipasi masyarakat.

“Konkretnya, masyarakat mau datang ke tempat pemungutan suara untuk memberikan hak suaranya dengan baik dan benar. Dan pembentukan Relawan Demokrasi ini merupakan salah satu program KPU secara nasional, sehingga keberadaanya sangat penting dan berperan besar bagi masyarakat untuk turut menyukseskan pelaksanaan Pemilu,” terang Zaenudin.

Selain kehadiran para Relawan Demokrasi ini, dikatakannya bahwa keterlibatan dan peran aktif juga dibutuhkan agar kualitas pesta demokrasi lebih baik lagi. “Yang membedakan peran Relawan Demokrasi dengan tahun sebelumnya adalah segmentasi atau sasaran sosialisasi yang lebih bervariatif. Ada sepuluh sasaran sosialisasi yang menjadi titik fokus mereka, diantaranya yaitu kalangan keluarga, pemilih pemula, kaum disabilitas dan kelompok keagamaan,” urai pria berkacamata itu.

Berbagai materi tentang Pemilu pun diberikan oleh KPU Kota Malang sehingga para Relawan Demokrasi ini bisa menjadi salah satu ujung tombak sosialisasi KPU nantinya di masyarakat.

Lebih jauh Zaenudin mengatakan, kehadiran realawan demokrasi dan keterlibatan masyarakat secara aktif, sekaligus untuk membangkitkan kepercayaan publik terhadap penyelenggara Pemilu serta proses pesta demokrasi.

“Dengan demikian, maka kualitas pesta demokrasi nantinya akan lebih baik lagi, berjalan lancar, aman dan damai,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content