Berita

Jemput Bola, BP2D Buka Stan Layanan Pembayaran Pajak di Kawasan Dinoyo

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Jelang berakhirnya masa jatuh tempo pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan pada 31 Juli 2017 mendatang, Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang Ir. Ade Herawanto, MT kembali mengingatkan masyarakat yang belum memenuhi kewajiban perpajakannya.

Warga memanfaatkan kesempatan untuk melakukan pembayaran PBB on the spot yang dibuka oleh BP2D Kota Malang di kawasan Kelurahan Dinoyo

Selagi masih dua pekan lagi, Ade mengimbau kepada para Wajib Pajak (WP) untuk  memanfaatkan waktu sebaik mungkin. “Karena jika sudah melewati masa jatuh tempo, maka WP akan dikenai denda administrasi sebesar dua persen tiap bulannya hingga maksimal denda 48 persen,” jelas Sam Ade, demikian sapaan akrabnya, Jumat (14/7).

Mengacu data yang telah dihimpun BP2D Kota Malang hingga pertengahan bulan Juli 2017 ini, dari sektor PBB Perkotaan yang dibebani target sebesar Rp 56,86 miliar telah masuk penerimaan senilai Rp 33 miliar, artinya persentase capaian dari target telah menyentuh 58 persen.

Kendati terus menunjukkan peningkatan signifikan, Ade menegaskan pihaknya tetap aktif menggalakkan sistem jemput bola dalam menerapkan pelayanan prima kepada masyarakat.

Yang terbaru, warga Kelurahan Dinoyo Kecamatan Lowokwaru semakin mendapatkan kemudahan dalam melakukan pembayaran PBB. Karena pada Jumat (14/7), petugas BP2D Kota Malang bekerjasama dengan Bank Jatim Cabang Malang membuka stan pelayanan dan pembayaran PBB di wilayah setempat.

Selain kemudahan yang didapat, ada bonus lain yang didapat warga yang membayar pajak ‘on the spot’, yaitu paket sembako gratis. Begitu stan dibuka pukul 08.00 dan ditutup pukul 12.00 WIB, tercatat tak kurang dari 112 WP melakukan pembayaran dan memanfaatkan kesempatan menarik tersebut.

“Melalui sistem jemput bola seperti ini, kami berharap masyarakat sekitar khususnya para WP dapat memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin selagi tim kami berkeliling ke tiap-tiap wilayah Kota Malang,” harap Ade.

“Dengan begini pelayanan semakin dekat dengan masyarakat, sehingga lebih mudah dijangkau dan lebih efektif. Ini sekaligus mempercepat proses pembayaran PBB sebelum melewati masa jatuh tempo,” lanjut mantan Kabag Humas Setda Kota Malang ini.

Pada Senin (17/7) mendatang, tim BP2D Kota Malang juga akan membuka stan pelayanan di area Malang Town Square (Matos). Masyarakat sekitar atau para WP yang kebetulan sedang berkunjung ke sentra perbelanjaan di kawasan Jl. Veteranitu dapat memanfaatkan kesempatan untuk melakukan pembayaran berbagai jenis pajak daerah langsung di lokasi.

“Hal ini lebih fleksibel dan sejalan dengan komitmen Abah Anton (Walikota H. Moch. Anton_red) yang ingin selalu dekat serta berada di tengah masyarakatnya melalui program temu warga,” pungkas Ade. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content