Artikel

BKGN, FKG-UB Gelar Pemeriksaan Gigi Gratis

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Setelah sukses pada pelaksanaan tahun 2016 lalu, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Brawijaya Malang kembali memeriahkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017 bertema ‘Merdeka Dari Gigi Berlubang’.

Pembukaan BKGN 2017 di FKG Universitas Brawijaya Malang

Bekerjasama dengan Unilever serta Rumah Sakit Universitas Brawijaya, kegiatan kali ini digelar selama tiga hari sejak tanggal 19 Oktober hingga 21 Oktober 2017.

Disampaikan drg. Diwya Nugrahini Hapsari, Sp.Pros, selaku ketua pelaksana yang didampingi drg. Fredy Mardiyantoro Sp.BM, sebenarnya kegiatan seperti ini sudah sepuluh tahun ini rutin dilaksanakan. Namun untuk kegiatan yang menggandeng Unilever baru dua tahun ini.

“Acara ini melibatkan 50 tenaga yang berasal dari 20 mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (PSPDG) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), serta 30 dokter Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI),” jelasnya, Kamis (19/10)

Ditambahkan Dwiya, bakti sosial ini meliputi pemeriksaan gigi, pembersihan gigi, penambalan gigi, pencabutan gigi, dan lain-lain secara gratis. “Kami menargetkan 1.000 pasien atau tiap harinya sekitar 350 pasien yang memanfaatkan layanan ini,” imbuhnya.

Adapun waktu pelaksanaan yaitu mulai jam 8.00 WIB hingga 16.00 WIB, dan diharapkan pasien datang dan mendaftar langsung lebih awal karena kuota yang terbatas.

Selain penanganan gigi secara gratis, setiap pasien akan mendapatkan sikat dan pasta gigi secara gratis pula, serta diberikan edukasi pola gosok gigi yang baik dan benar. Yang menarik adalah ketika diberikan edukasi kepada sejumlah anak-anak TK dan PAUD tentang cara menggosok gigi yang benar.

Hal ini sebagai langkah preventif pada penyakit gigi dan mulut mulai usia dini. Minimal seperti caries yang sering  terjadi di bagian gigi susu pada anak agar bisa dicegah sejak dini.

Sebelum membuka acara BKGN 2017, Wakil Rektor I Bidang Akademik Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Kusmartono menyampaikan bahwa nantinya akan mendirikan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) di sekitar FKG UB sebagai syarat berdirinya RSUB serta pelayanan kepada masyarakat. (say/yon)

1 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content