Berita

Intensifkan Pajak, Camat-Lurah Dikumpulkan

Guna mengintensifkan pendapatan daerah dari sektor pajak, Pemkot Malang mengumpulkan 57 lurah dan 5 camat yang ada di Kota Malang, Senin (16/12). Acara bertajuk pembekalan atau pengarahan umum dari Wali Kota Malang dan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) ini dilaksanakan di ballroom Cafe dan Resto Baiduri Sepah yang ada di Jalan Raya Tlogomas Malang.

Kepala Dispenda Kota Malang, Ir. Ade Herawanto, MT (tengah) saat memberikan keteranganpers terkait pengintensifan pajak daerah, Senin (16/12)
Kepala Dispenda Kota Malang, Ir. Ade Herawanto, MT (tengah) saat memberikan keteranganpers terkait pengintensifan pajak daerah, Senin (16/12)

Kepala Dispenda Kota Malang, Ir. Ade Herawanto, MT mengatakan jika acara ini untuk penekanan tugas pemungutan pajak, khususnya Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan beberapa sumber pajak daerah lainnya. “Ada 9 jenis pajak daerah yang akan kita intensifkan pencapaiannya, seperti PBB dan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB),” ujar Ade.

“Dalam pelaksanaan pemungutan pajak daerah ini, nantinya para Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT) akan bersinergi dengan instansi terkait lainnya, sehingga pendapatan pajak daerah lebih maksimal. Pada bulan Januari 2014 nanti, kami akan mendistribusikan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) kepada para wajib pajak,” sambung Ade.

Mantan Kepala Bagian Humas Pemkot Malang itu menambahkan bahwa pencapaian pendapatan pajak daerah di Kota Malang hingga akhir bulan Desember ini dapat terealisasi sampai Rp 230 miliar, atau bahkan lebih. “Target kami tahun ini Rp 182 miliar, setelah rapat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), naik 20 persen dan berubah menjadi Rp 210 miliar,” urai Ade.

Untuk tahun 2015 nanti, kata dia, kami menargetkan sebesar Rp 250 miliar, dan kami optimis bisa meraih atau bahkan melampauinya. “Hal ini bukan tanpa perhitungan, dan salah satu upaya kami adalah dengan mengumpulkan para lurah dan camat seperti hari ini. Selain itu, warga Kota Malang, khususnya para wajib pajak sudah mulai sadar pajak. Bukti nyatanya adalah raihan pajak tahun ini,” papar Ade.

Sementara itu, Camat Sukun, Alie Mulyanto mengaku siap untuk membantu Pemkot Malang, khususnya Dispenda dalam pencapaian dan pemungutan pajak daerah ini. “Kami selalu menyosialisasikan pentingnya pajak kepada warga, terutama yang ada di wilayah Kecamatan Sukun. Kami juga memasang spanduk serta membuat edaran guna menunjang warga sadar pajak,” tutur Alie. (say/dmb)

You may also like

Skip to content