Berita

Apresiasi Inovasi Bus Arema Police Sobo Kelurahan Karya Polresta Malang, Wali Kota : “Polisi Ramah, Sahabat Rakyat”

Malang – Jumat, 22 Januari 2021, Polresta Malang kembali melakukan inovasi pelayanan dengan secara resmi meluncurkan (launching) Bus Arema Police Sobo Kelurahan. Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman depan Mapolresta Malang ini.

Drs. H. Sutiaji bersama jajaran Forkopimda Kota Malang hadir dalam kegiatan (launching) Bus Arema Police Sobo Kelurahan

Dalam sambutannya, Kapolresta Malang, Kombes Pol Leonardus Simarmata menyebutkan ada 2 (dua) unit bus yang akan beroperasi. Satu unit untuk layanan SIM keliling dan satu unit lagi khusus untuk bus Arema Police Sobo Kelurahan. “Ini berangkat dari pemikiran untuk konsep pelayanan prima dengan jemput bola. Jadi tidak lagi menunggu customer datang ke kantor kita,” terangnya.

Bus Arema Police Sobo Kelurahan akan dilengkapi dengan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan layanan SKCK. Dengan adanya inovasi baru ini, Polresta Malang berharap mampu mewujudnyatakan akuntabilitas pelayanan publik. Layanan SIM keliling ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ber-KTP Malang Kota. Layanan ini juga akan dilengkapi dengan tes kesehatan dam psikologi.

 

Drs. H. Sutiaji berada Bus Arema Police Sobo Kelurahan yang dilengkapi dengan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan layanan SKCK.

Pada kesempatan ini, Leo Simarmata juga menginformasikan ulang tentang aplikasi Jogo Malang yang saat ini sudah didownload sekitar 12.000 pelanggan. Aplikasi berbasis android ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan layanan dari kepolisian. Masyarakat bisa registrasi dengan menginput NIK sehingga data masyarakat yang melakukan registrasi valid. Melalui aplikasi ini, masyarakat juga bisa mengetahui jadwal dan lokasi layanan Bus Arema Police Sobo Kelurahan.

Selain melaunching Bus Arema Police Sobo Kelurahan, pada kesempatan ini Kapolresta Malang juga meresmikan Gedung Wira Pratama yang berfungsi sebagai SPKT (Lantai 1) dan Command Center (Lantai 2). Beberapa layanan yang dapat diperoleh SPKT adalah layanan terhadap aduan atau laporan masyarakat serta bantuan dan pertolongan dari kepolisian. Command Center terhubung dengan CCTV Dinas Perhubungan maupun milik Polresta Malang. Dengan demikian akan memudahkan monitoring kota. Titik-titik protokol akan bisa dipantau, demikian juga dengan posisi anggota yang di lapangan bisa dimonitor secara langsung. Dengan demikian jika diketahui ada kejadian, maka anggota bisa lebih cepat datang ke TKP.

Semua terobosan tersebut tentu diharapkan semakin menguatkan kinerja Polresta Malang yang belum lama ini mengukir prestasi dengan meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).
Wali Kota, H. Sutiaji sangat mengapreasiasi kinerja Polresta Malang selama ini terlebih atas inovasi baru dari Polresta Malang Kota yang berusaha mendekatkan diri pada masyarakat.

“Kalau dulu orang datang ke Polres itu agak sungkan, takut, tapi saat ini polisi adalah ramah, polisi adalah sahabat rakyat. Bukan hanya slogan, tapi ditunjukkan bukti bahwa polisi hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat,” ujar Sutiaji. Sutiaji menambahkan bahwa dengan adanya gedung Command Center Polresta, menunjukkan bahwa pelayanan publik di Kota Malang semakin merangkul kemajuan teknologi di era digital dan segala peluang yang ditawarkannya untuk sebesar-besar kesejahteraan masyarakat.

You may also like

Skip to content