Berita

Karang Taruna Kota Malang 2014 Dikukuhkan

Dalam acara pelantikan Karang Taruna di Balai Kota Malang, Wakil Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji memberikan ucapan selamat kepada ketua dan pengurus Karang Taruna Kota Malang 2014 yang terpilih dan dikukuhkan kemarin, Senin 24/11). Ia pun berharap semoga amanah yang telah diberikan anggota serta organisasi mampu dijalankan dengan baik dan penuh tanggung jawab. Kali ini terpilih sebagai Ketua Karang Taruna Kota Malang 2014 adalah Mochammad Cholili.

Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji kukuhkan Karang Taruna Kota Malang 2014, Senin (24/11)
Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji kukuhkan Karang Taruna Kota Malang 2014, Senin (24/11)

Tak lupa Wawali mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para pengurus yang telah purna bakti atas pengabdiannya selama ini. Semoga apa yang telah dikerjakan selama ini dicatat sebagai amal ibadah dan mendapat balasan serta pahala yang berlimpah.

Dalam Pasal 1 angka 1 Peraturan Menteri Sosial No. 77/HUK/2010 Tentang Pedoman Dasar Karang Taruna dijelaskan bahwa karang taruna adalah lembaga kemasyarakatan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta rasa tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial yang secara fungsional dibina dan dikembangkan oleh Departemen Sosial.

Sutiaji menambahkan, di sisi lain Karang  Taruna  mempunyai  tugas  pokok  secara bersama-sama dengan pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial  terutama  yang  dihadapi  generasi  muda.  Dalam konteks ini baik yang bersifat preventif, rehabilitatif, maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

“Dalam hal ini Karang Taruna harus mampu menjadi wadah untuk menyalurkan dan mengembangkan bakat serta minat para anggotanya guna mencegah perilaku remaja yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Terlebih di era global ini, kemajuan pengetahuan serta teknologi yang sangat pesat, disamping membawa dampak positif juga membawa dampak negatif khususnya terkait permasalahan kesejahteraan sosial yang tidak hanya ditangani oleh pemerintah tetapi juga oleh Karang Taruna,” beber Sutiaji

Untuk itu, terang politisi PKB itu, melalui kegiatan ini ia berharap keberadaan Karang Taruna saat ini harus mampu bangkit, senantiasa meningkatkan sumber daya manusia, bergerak lebih dinamis dan pro aktif dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan seperti memanfaatkan potensi yang ada di wilayahnya dengan memberdayakan masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif dan kerakyatan.

Selain itu, lanjut pria berkacamata itu, Karang Taruna hendaknya bisa mengajak masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan membantu anak terlantar, penyandang cacat, keluarga miskin dan permasalahan sosial. “Apa yang dikerjakan tersebut, nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, kepada pengurus Karang Taruna yang baru dikukuhkan hendaknya dapat melaksanakan dengan baik semua program kerja yang sudah ter-agenda,” himbau Sutiaji

Mantan anggota Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang itu berharap agar organisasi kaum muda ini senantiasa melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pengurus lama atau pun dengan lembaga lain yang terkait agar tercipta satu pola kesinambungan kerja yang mengarah pada terwujudnya visi dan misi organisasi. “Dengan demikian, Karang Taruna Kota Malang akan benar-benar menjadi organisasi yang mampu menguatkan sistem pembinaan dan pengembangan generasi muda, sehingga nantinya dapat mempercepat terwujudnya visi Kota Malang sebagai Kota Bermartabat,” pungkasnya. (say/yon)

1 Comment
  1. Dr. Nannerl Hoetarjo, dr, SpM 6 years ago
    Reply

    Bagaimana saya bisa menghubungi bapak Mochammad Cholili, ketua Karang Taruna Malang ?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content