Berita

Hijaukan Kota Malang, Wali Kota Giatkan Menanam Pohon

Kota Malang telah meraih penghargaan Langit Biru untuk kategori kota besar tahun lalu serta ditetapkan sebagai salah satu kota yang nyaman untuk ditinggali. Prestasi ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan agar Kota Malang menjadi lebih asri, sejuk dan hijau.

Wali Kota Malang, H. Moch. Anton secara simbolis melakukan penanaman pohon di halaman Perkantoran Terpadu Pemkot Malang, (28/11)
Wali Kota Malang, H. Moch. Anton secara simbolis melakukan penanaman pohon di halaman Perkantoran Terpadu Pemkot Malang, (28/11)

Guna mendukung dan menguatkan predikat tersebut, maka wajah Kota Malang harus kelihatan hijau. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan menggalakkan penanaman pohon. Seperti yang telah dilakukan oleh para PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Block Office (Perkantoran Terpadu), Jum’at (28/11).

Di Perkantoran Terpadu yang berada di Jl. Mayjend Sungkono ini Wali Kota Malang, H. Moch. Anton secara simbolis melakukan penanaman 150 pohon. Adapun jenis pohon yang ditanam antara lain pohon matoa, duren montong, mangga, mahoni, dan jenis lainnya yang berasal dari hasil sumbangsih salah satu perusahaan agrobisnis di Kota Malang.

“Penanaman pohon ini sekaligus wujud program tanam satu miliar pohon yang dicanangkan Pemkot (Pemerintah Kota, red) Malang. Kebetulan sekarang sedang musim hujan, sehingga pohon yang ditanam akan tumbuh dengan baik. Penanaman pohon tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tapi akan terus dilakukan,” beber pria yang akrab disapa Abah Anton itu.

Gemar menanam pohon itu, lanjut politisi PKB itu, diharapkan tidak hanya dilakukan oleh jajaran Pemkot Malang tapi juga semua warga Kota Malang sehingga kota ini lebih sejuk, asri, dan indah serta bisa berfungsi untuk menekan atau mengurangi terjadinya banjir. “Dengan banyaknya pohon, maka penyerapan air akan besar dan mencegah terjadinya tanah longsor,” papar Abah Anton.

Setelah melakukan penanaman pohon, orang nomor satu di jajaran Pemkot Malang itu mengajak agar masyarakat turut bertanggung jawab dalam merawat serta menjaganya. “Jangan sampai ada penebangan pohon yang dilakukan sembarangan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mari bersama-sama kita jaga ekosistem kota ini,” himbau pria alumni ITN Malang itu.

Pada 5 Desember 2014 mendatang, Pemkot Malang juga akan melakukan penanaman pohon secara serentak di lima kecamatan yang ada di Kota Malang. Jumlah pohon yang akan ditanam mencapai lebih dari sepuluh ribu ribu pohon. Di 57 kelurahan yang ada di Kota Malang juga dihimbau untuk melakukan hal yang sama. (say/yon)

You may also like

Skip to content