Berita

5 Klenteng Eng An Kiong Siap Rayakan Cap Go Meh

Menutup perayaan Tahun Baru Imlek 2566 yang jatuh pada hari ini, Kamis (05/03), Klenteng Eng An Kiong Malang tampak serius menyiapkan perayaan Cap Go Meh. Di tengah-tengah kekhusyukan para tamu yang berdoa, pihak Klenteng Eng An Kiong tampak cekatan memasak untuk persiapan perayaan Cap Go Meh.

klenteng-eng-an-kiong-rayakan-capgomeh

Humas Klenteng Eng An Kiong, Bonsu Anton Triyono membenarkan bahwa perayaan Cap Go Meh adalah hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek. Kalau di agama Islam di Indonesia ada kupatan (Hari Raya Ketupat_red), untuk perayaan Cap Go Meh umat Khonghucu merayakannya dengan lontongan (lontong Cap Go Meh_red).
“Tidak beda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya, menu lontong yang akan disajikan di perayaan Cap Go Meh terdiri dari kari, rebung, ayam, petis dan koya,” jelas Bonsu Anton, Rabu (04/03).

Bonsu Anton menjelaskan bahwa di negara Cina sendiri perayaan Cap Go Meh tidak menggunakan masakan lontong, karena lontong Cap Go Meh ini merupakan akulturasi budaya Cina dengan Jawa.

Rangkaian kegiatan Cap Go Meh sendiri disebutkan Bonsu Anton akan dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan berlanjut hingga malam hari. Kegiatan untuk malam hari akan diisi dengan penampilan kesenian Jawa, Cina, dan kalau masih ada waktu tersisa akan dilanjutkan dengan atraksi Barongsai. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content