Berita

BNN Kota Malang Gelar Upacara Peringatan HANI 2015

Setiap tanggal 26 Juni diperingati sebagai Hari Anti Narkotika Internasional (HANI). Terkait hal tersebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang menggelar upacara bendera di kantor BNN setempat, Jumat (26/6).

Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata foto bersama jajaran BNN Kota Malang setelah upacara peringatan HANI, Jumat (26/6)
Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata foto bersama jajaran BNN Kota Malang setelah upacara peringatan HANI, Jumat (26/6)

Kapolres Malang Kota, AKBP Singgamata, SIK menjadi inspektur upacara karena Kepala BNN Kota Malang harus menghadiri acara teleconference Menteri Sosial RI dengan Sekretaris Daerah Kota Malang di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh di Jl. Raya Joyo Agung, Kota Malang.

Adapun tema HANI kali ini yaitu Generasi Emas, Generasi Tanpa Narkoba. Seusai upacara, Kapolres Malang Kota mengatakan jika saat ini, sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bahwa Indonesia sedang dalam keadaan darurat narkoba. Sehingga kepolisian harus mengambil langkah-langkah yang harus dilakukan bersama.

“Adapun langkah tersebut meliputi tiga kegiatan, yaitu terhadap penyalahguna atau pecandu diupayakan semaksimal mungkin direhabilitasi, yang kedua adalah upaya pencegahan, yang terakhir pada tataran penegakan hukum. Bagi bandar-bandar besar yang sudah meresahkan, tidak ada jalan lain, hukuman mati harus dijatuhkan,” jelas AKBP Singgamata.

Mantan Kapolres Lumajang itu menegaskan jika hukuman mati itu bukan inkonstitusional, hukuman mati masih sah demi hukum masih berlaku dan tidak melanggar hak asasi manusia. “Hal tersebut dilegalkan kalau melalui prosedur-prosedur yang memang orang tersebut mendapat hukuman mati,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala BNN Kota Malang, AKBP Hennry Budiman mengatakan jika kemarin tidak hanya Indonesia yang memperingati HANI, tapi seluruh dunia. Dan hal ini menurutnya suatu bukti kepedulian negara terhadap pencegahan dan penyalahgunaan terhadap narkoba.

“Sesuai perintah dari Presiden RI, kita harus menyatakan perang terhadap narkotika jenis apapun. Narkotika sangat membahayakan moral, terutama para generasi muda penerus bangsa. Maka dari itu, kami akan selalu bekerjasama dengan semua pihak, khususnya Pemkot Malang, TNI dan Polisi untuk memberantas penyalahgunaan narkotika ini,” pungkas Hennry. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content