Penyematan topi almamater oleh Rektor UMM Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, Selasa (8/9)
Penyematan topi almamater oleh Rektor UMM Dr. Muhadjir Effendy, M.AP, Selasa (8/9)

Membekali mahasiswa baru (maba) agar semakin siap dalam menempuh studinya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menggelar Pengenalan Studi Mahasiswa Maru (Pesmaba) 2015. Dalam kegiatan ini UMM mendatangkan tokoh nasional Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Dr. (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM, Selasa (8/9).

Rektor UMM Dr. Muhadjir Effendi, M.AP mengungkapkan kegiatan Pesmaba adalah kegiatan rutin UMM untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada para mahasiswa baru khususnya yang berkaitan dengan studi dan hal lain yang mendukung proses belajar-mengajar. Kali ini UMM menghadirkan Ketua MPR RI untuk berbagi ilmu dengan para maba agar bisa semakin fokus menempuh studi di UMM.

“Semakin ketatnya persaingan seiring akan digelarnya Masyarakat Ekonomi ASEAN harus disikapi dengan baik. Dengan program yang sudah dimiliki saat ini, UMM siap mendidik mahasiswa agar mampu bersaing di pasar global,” kata Muhadjir, Selasa (8/9).

Salah satu bukti bahwa pendidikan di UMM mampu bersaing di dunia global adalah dengan banyaknya mahasiswa asing yang juga belajar di UMM. Angkatan tahun ini mahasiswa asing baru yang belajar di UMM ada sebanyak 86 mahasiswa yang berasal dari 24 negara.

Mahasiswa asing tersebut berasal dari Aljazair, Afganistan, Amerika Serikat, Bulgaria, Palestina, Malaysia, Maroko, Polandia, Republik Ceko, Rumania, Singapura, Spanyol, Uzbekistan, Vietnam dan Belanda. Mereka bersama-sama dengan 6.866 mahasiswa baru UMM menjalani Pesmaba UMM.

Sementara itu Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak para mahasiswa untuk bisa mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila sebagai jalan untuk bisa tetap eksis di tengah persaingan global. Menurutnya, dengan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, ia yakin mahasiswa akan bisa semakin siap menghadapi tantangan global. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content