Berita

Azas Manfaat Akan Jadi Dasar Kajian Pengelolaan Eks Pabrik Keramik Dinoyo

Lowokwaru, MC – Dalam kunjungannya ke Kota Malang, Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf atau biasa dipanggil Gus Ipul menyempatkan untuk mampir dan meninjau ke sentra keramik Dinoyo, Rabu (24/2).

Wagub Jatim Saifullah Yusuf (baju batik) meninjau aset Pemprov Jatim yang akan digunakan untuk sentra industri keramik, Rabu (24/2)
Wagub Jatim Saifullah Yusuf (baju batik) meninjau aset Pemprov Jatim yang akan digunakan untuk sentra industri keramik, Rabu (24/2)

Didampingi Wali Kota Malang H. Moch. Anton, Gus Ipul meninjau langsung bangunan yang merupakan aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Ia melihat dengan seksama setiap sudut ruangan yang ada di bangunan tersebut.

“Azas manfaat akan menjadi dasar kajian bagi Pemprov Jatim agar bangunan milik BUMD (Badan Usaha Milik Daerah_red) Provinsi Jatim tersebut dapat digunakan oleh masyarakat sekitar, khususnya pengrajin keramik Dinoyo” ujar Gus Ipul, Rabu (24/2).

Terlebih lagi, imbuh Gus Ipul, para pengrajin sudah membuktikan kualitasnya dengan adanya hasil-hasil yang telah diekspor. Bangunan yang telah 12 tahun menganggur ini nantinya diharapkan dapat menunjang industri keramik di Kelurahan Dinoyo.

Sementara itu, Wali Kota Malang yang kerap disapa Abah Anton tersebut menyampaikan bahwa rencananya di lokasi itu akan dijadikan tempat wisata edukasi kerajinan keramik, sehingga bangunan tersebut memiliki manfaat yang dapat mendorong sektor industri kreatif khususnya kerajinan keramik.

Hal tersebut akan terus diperjuangkan oleh Pemerintah Kota Malang, utamanya dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Maka dari itulah para pengrajin harus diberi sarana untuk memperbesar dan memperkuat usahanya.

“Para pengerajin ini merupakan salah satu penggerak atau motor ekonomi mikro dalam menghadapi ekonomi global. Kemajuan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah_red) akan berperan besar dalam MEA nanti. Jadi segala sesuatunya harus dioptimalkan,” pungkas Abah Anton. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content