Berita

62.500 Balita Jadi Sasaran PIN Polio 2016 di Kota Malang

Blimbing, MC – Pemerintah Kota Malang menggelar Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 di Balai RW 21 Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Selasa (8/2). Program PIN Polio 2016 ini dilaksanakan secara serentak di Indonesia mulai 8 Maret hingga 15 Maret 2016.

Wali Kota Malang H. Moch. Anton meresmikan Pencanangan PIN Polio 2016 Kota Malang
Wali Kota Malang H. Moch. Anton didampingi Hj. Dewi Farida Suryani memukul gong sebagai tanda dicanangkannya program PIN Polio 2016 di Kota Malang, Selasa (8/3)

Gelaran ini dihadiri oleh Wali Kota Malang, H. Moch. Anton yang didampingi Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani, Wakil Wali Kota Malang Drs. Sutiaji, Sekretaris Daerah Kota Malang Ir. Cipto Wiyono, M.Si, serta Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM.

Wali Kota Malang, H. Moch. Anton dalam kesempatan ini mengungkapkan keseriusan Pemerintah Kota Malang untuk terus mencetak generasi penerus yang sehat.

“Kami terus berusaha untuk bisa sedini mungkin melakukan pencegahan. Harapannya, ke depan Kota Malang bisa terus terbebas dari polio,” jelas pria yang akrab disapa Abah Anton itu, Selasa (8/3).

Kegiatan PIN Polio ini harus bisa menjadi pendorong bagi masyarakat di Kota Malang agar semakin mencintai hidup sehat. Khususnya ibu-ibu yang dituntut untuk selalu aktif memeriksakan kesehatan anak-anaknya mulai dari kandungan hingga menginjak besar.

“Kehadiran keluarga harus bisa memberikan dampak positif kepada anak-anak. Anak-anak adalah generasi penerus bangsa. Terjadinya polio salah satunya karena kurang perhatian orang tua terhadap anak,” tegas Abah Anton.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Malang Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM mengatakan bahwa PIN Polio 2016 ini adalah gerakan nasional untuk Indonesia bebas polio. Sasarannya adalah anak berusia nol sampai dengan 59 bulan tanpa memandang status imunisasinya.

“Kasus polio di Kota Malang sejauh ini belum ada. Untuk di Jawa Timur pada tahun 2006 lalu ditemukan di Probolinggo. Kota Malang tidak boleh lengah, pencegahan harus terus aktif dilakukan,” wanti-wantinya.

Di Kota Malang disebutkan Asih saat ini ada sebanyak 62.500 balita yang akan diberikan imunisasi polio. Dimana untuk menjangkau anak sebanyak itu sudah disiapkan 1.003 titik pos PIN yang ditempatkan di berbagai sudut Kota Malang mulai dari Puskesmas, Balai RW, Posyandu, terminal, pusat perbelanjaan, dan lain-lain. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content