Berita

Pangkoopsau II Tinjau Latihan Gabungan Sida 2016

Malang, MC – Latihan gabungan di jajaran Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) II dengan sandi Sikatan Daya (Sida) 2016 telah dibuka oleh Panglima Koopsau II Marsda TNI Dody Trisunu pada Rabu (25/5).

Pangkoopsau II Marsda TNI Dody Trisunu (kiri) didampingi Komandan Lanud Abd Saleh Malang, H. RM. Djoko Senoputro, S.E meninjau latihan sida
Pangkoopsau II Marsda TNI Dody Trisunu (kiri) didampingi Danlanud Abd Saleh Malang, Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE meninjau latihan gabungan

Gelaran tersebut disaksikan satuan jajaran Koopsau II lewat teleconference. Kemarin, Jumat (27/5), Pangkoopsau II meninjau langsung pelaksanaan latihan Sida 2016 di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh yang kedatangannya diterima oleh Komandan Lanud Abd. Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE beserta para pejabat Lanud Abd. Saleh lainnya di Gedung Binayudha Lanud Abd. Saleh Malang.

Sebagai perwujudan dari upaya pemantapan profesionalisme perorangan, satuan maupun Kotama, maka dilakukan Latihan Sikatan Daya yang merupakan akumulasi kegiatan pembinaan latihan yang dilaksanakan di satuan-satuan TNI Angkatan Udara yang diikuti oleh unsur tempur jajaran Lanud Abd. Saleh yang terdiri dari unsur tempur, angkut, angkut intai, dan tempur taktis.

Gladi posko yang dilakukan sejak 25 Mei 2016 lalu ini dimaksudkan untuk melakukan koordinasi atau latihan staf operasi, baik di bidang personel maupun logistik yang terlibat. Semua itu dimaksudkan sebelum pelaksanaan latihan manuver lapangan yang akan digelar di AWR Maluka Baulin, Kalimantan Selatan pada tanggal 1 Juni 2016. Selain itu juga di Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya pada tanggal 2 Juni 2016 dan langsung dilanjutkan acara penutupan.

Menurut Komandan Wing 2 Lanud Abd. Saleh selaku Komandan Satuan Tugas Dukungan Tempur (Dansatgasdukpur) Lanud Abd. Saleh Malang pada gladi posko Sikatan Daya 2016 ini menjelaskan,  gladi posko Latihan Sikatan Daya  bertujuan untuk menguji doktrin TNI AU sampai tingkat satuan yang digunakan dalam penyelenggaraan suatu operasi udara serta memelihara dan meningkatkan kemampuan tempur personel.

”Didalam latihan ini akan melibatkan empat pesawat C-130 Hercules Skadron Udara 32 dan lima pesawat EMB 314 Super Tucano Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd. Saleh,” ujarnya.

“Di dalam latihan ini melibatkan Lanud Abd. Saleh, Lanud Hasanudin (Hnd) Makassar, Lanud Samsyudin Nur (Sam) Banjarmasin, Lanud Iswahyudi (Iwy) Madiun dan Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya Kalteng beserta alutsista. Pesawat Sukhoi SU 27/30, Pesawat F 16, pesawat T50i, EMB 314 Supertucano, Pesawat C-130 Hercules, pesawat C 212 Casa, Pesawat Boeing 737, pesawat NAS-332 dan SA-330 Helly turut memeriahkan latihan,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content