Klojen, (malangkota.go.id) – Perumda Tugu Aneka Usaha (Tunas) atau Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang menerima 89 sapi kurban untuk disembelih selama Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Senin (11/7/2022). Banyak hewan kurban yang dititipkan warga Malang tidak terlepas karena pelayanan terbaik yang diberikan Perumda Tunas.

Penyembelihan hewan kurban di RPH, Senin (11/7/2022)

Kepala Subbagian Umum Perumda Tunas Dedi Eko Pradekso mengungkapkan, meski tidak sebanyak tahun sebelumnya, tahun ini pemotongan hewan kurban di RPH masih ada. Total ada 89 sapi yang dipotong di RPH.

“Hari ini masih juga ada sapi kurban yang dipotong di RPH. Jumlahnya memang tidak sebanyak tahun lalu. Tahun lalu RPH memotong sapi sebanyak 159 ekor sapi selama tiga hari di masa Iduladha,” jelas Dedi.

Meski tidak sebanyak tahun lalu, Dedi mengatakan, pelayanan Perumda Tunas Kota Malang untuk memotong hewan kurban terus menjaga kualitas pelayanan. Di mana selama penyembelihan hewan kurban, tim didampingi lima dokter hewan dari kedokteran Universitas Brawijaya, lima dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, dan satu dokter penanggung jawab dari Perumda Tunas.

“RPH juga memastikan bahwa sapi yang disembelih sehat dan terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) agar benar-benar baik saat dikonsumsi masyarakat,” terang Dedi.

Hewan kurban yang disembelih di RPH juga sudah melalui pemeriksaan antemortem dan postmortem. Langkah ini dilakukan untuk memastikan hewan kurban terbebas dari PMK.

“Pemotongan hewan kurban juga dilakukan oleh para penyembelih yang sudah memiliki sertifikat juru sembelih halal (Juleha). Sehingga dipastikan daging kurban sehat, disembelih dengan benar dan halal secara syar’i,” kata Dedi.

Tujuan pemotongan hewan kurban di RPH diharapkan seluruh bagian hewan kurban bisa dipotong bersih termasuk dari virus. Di mana saat ini untuk di Jawa Timur sedang terjangkit wabah PMK. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content