Berita

TNI AU Hibahkan Dua Pesawat Marchetti SF.260

Malang, MC –  TNI AU menghibahkan dua unit pesawat Marchetti SF.260 dengan nomor registrasi LK 2611. Komandan Lanud Abd. Saleh Malang Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE mewakili pihak TNI AU menjelaskan jika pesawat Marchetti ini merupakan hibah dari RSAF tahun 2002 sebanyak 18 unit, Selasa (31/5). Pesawat ini digunakan untuk menambah jam terbang pilot di Indonesia.

Acara serah terima pesawat hibah secara simbolis
Prosesi serah terima secara simbolis pesawat kepada SMK Penerbangan

Pesawat tersebut merupakan pesawat latih khusus buatan Italia, Aviamilano yang termasuk dalam jenis pesawat ringan dengan berat maksimum 1.102 kg dan berkapasitas tiga penumpang. Pesawat ini mampu terbang dengan kecepatan jelajah maksimum 330 km/jam pada ketinggian 10.000 kaki. Marchetti diberbagai negara digunakan sebagai pesawat latih dan bahkan ada yang mengunakan sebagai pesawat latih tempur.

SMK Penerbangan sendiri saat ini telah mempunyai dua unit pesawat yang juga merupakan hibah dari TNI AU, sedang Marchetti SF 260 ini merupakan pertama dari jenis ini sehingga merupakan pesawat hibah yang ketiga bagi SMK Penerbangan. Untuk jenis Marchetti sebelumnya juga telah dihibahkan ke STTA Yogyakarta dengan jenis yang sama.

SMK Penerbangan sekarang ini telah mendidik 460 siswa dan terbagi menjadi dua jurusan yaitu Airframe & Powerplan (AP) dan jurusan Avionic Electical Instrument (AEI). Pesawat Marchetti ini masih dapat dioperasionalkan secara terbatas dan bisa dilaksanakan Ground Run secara terbatas pula.

Dengan hadirnya pesawat ini, Danlanud berharap prestasi dari SMK Penerbangan Angkasa Singosari Malang bisa semakin bertambah dan output yang dihasilkan akan mempunyai daya saing dalam era teknologi yang semakin pesat.

Sementara itu, Kepala SMK Penerbangan Mayor Tek. Saifuddin Zuhri, ST juga bercerita tentang prestasi yang sudah menjadi langganan sekolah yang dipimpinnya yaitu juara Drumband tingkat Provinsi di Surabaya dan juara umum drumband se-Malang Raya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content