Berita

BI Malang Siapkan Uang Pecahan Baru Rp 12 M

Klojen, MC – Bank Indonesia Malang akan menyediakan layanan penukaran uang baru mulai tanggal 15-17 Juni 2016 di Pasar Murah Ramadan yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan Usaha Daerah Setda Kota Malang di area luar Stadion Gajayana Malang.

ilustrasi  Warga masyarakat sangat antusias untuk menukar uang lembaran baru menyambut hari raya idul fitri
Ilustrasi: Warga masyarakat sangat antusias untuk menukar uang lembaran baru menyambut Hari Raya Idulfitri

Pada pasar murah tersebut akan disediakan empat unit mobil kas keliling BI Malang yang akan melayani masyarakat dalam bentuk penukaran uang baru dengan nominal Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000 per bundelnya. Kas pelayanan akan buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Masing-masing mobil unit kas keliling akan menyediakan dana hingga Rp 1 milyar per harinya.

“Dengan total ketersediaan uang baru yang mencapai Rp 12 milyar tersebut, kami berharap kebutuhan masyarakat terpenuhi dan masyarakat juga akan lebih mudah jika ingin menukarkan uang baru” ujar Kabag Perekonomian dan Usaha Daerah Setda Kota Malang Dra. Rinawati, MM, Kamis (9/6).

Dengan adanya kesiapan dari BI Malang ini, lanjut Rina, diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama terkait kebutuhan penukaran uang pecahan baru. “Penukaran uang baru ini sekaligus untuk menghindari adanya peredaran uang palsu dari beberapa jasa penukaran uang yang tidak ditunjuk pemerintah atau instansi berwenang,” urainya.

Rina juga mengimbau kepada warga masyarakat agar lebih berhati-hati jika menukarkan uang di tempat umum, seperti halnya yang biasanya marak di pinggir jalan. “Jika kita tidak bisa membedakan antara uang palsu dan asli, maka disarankan untuk tidak melakukan penukaran di sembarang tempat,” pungkasnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content