Artikel

Peserta Pertukaran Pemuda Dari Korsel Kepincut Jajanan Pasar

Klojen, MC – Dalam acara penyambutan Peserta Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea Selatan 2016 yang digelar di Gedung Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang, para pemuda dari Korsel terlihat lahap kala menikmati jajanan pasar seperti lemper, pisang godok, mbothe (umbi talas) godok dan berbagai macam polo pendem khas Kota Malang, Selasa (8/11).

Para peserta pertukaran pemuda saat menikmati suguhan
Para peserta pertukaran pemuda saat menikmati suguhan

Salah satu pelajar asal Korsel, Bae Hayeon mengungkapkan senang sekali bisa datang langsung ke Kota Malang dan merasakan kuliner yang ada di Kota Pendidikan ini. Dari sekian banyak suguhan yang disajikan, ia paling menyukai mbothe (kalau di Korsel namanya Taro), pisang godok dan lemper.

“Makanan di Malang enak enak sekali, saya suka tinggal di Kota (Malang) ini. Orangnya baik-baik dan makanannya lezat,” kata Bae, Selasa (8/11).

Wakil Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang mempercayakan Kota Malang sebagai tujuan pertukaran pemuda Indonesia dan Korsel.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan sesuatu yang positif, mengingat dengan adanya pertukaran seperti ini ada transfer pengetahuan dan budaya. “Kegiatan ini sangat penting untuk menambah wawasan dan keilmuan serta asimilasi budaya,” terang Sutiaji.

Dengan adanya pertukaran pelajar akan terjadi kontemplasi budaya dan pemikiran yang bisa membawa generasi pemuda untuk maju dan memberi kontribusi dalam pembangunan.

Melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar asal Indonesia bisa menyerap banyak ilmu dari Korsel untuk nantinya ditularkan kepada rekan-rekannya saat pulang ke daerah masing-masing.

Sementara itu peserta pertukaran pemuda, Hari Purnawarman mengatakan banyak sekali ilmu yang bisa dipetik dari adanya program pertukaran pemuda ini, terutama terkait kedisiplinan pelajar dan pemerintahan Korsel dalam memanfaatkan waktu yang dimiliki.

“Sebelum kembali ke Indonesia hari ini, kami sudah di Korsel selama sepuluh hari. Banyak yang bisa kami pelajari saat di Korsel ataupun saat ini bertemu langsung dengan delegasi dari Korsel,” ungkap Hari.

Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Pemuda Kemenpora RI Drs. Wisler Manalu, MM menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Malang atas sambutan serta kesuksesan kerjasama pertukaran pemuda dengan Korea Selatan yang sudah memasuki tahun ketujuh. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempererat hubungan Indonesia dan Korsel khususnya di bidang kepemudaan,” kata Wisler.

Sebelum ke Kota Malang, ketika berada di Korsel delegasi Indonesia mengunjungi beberapa instansi dan juga melakukan seminar dan forum diskusi yang merupakan sebuah pengalaman berharga bagi anak-anak Indonesia. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content