Berita

Kemensos Akan Tambah Bantuan Bagi Penerima Manfaat PKH

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Selain akan menerima bantuan sosial (bansos) tunai dan nontunai, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bantuan Kementerian Sosial RI akan diberikan tambahan. Bansos yang akan ditambahkan yaitu subsidi LPG dan listrik. Hal ini didasari terkait terus melambungnya harga LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan penarikan subsidi listrik dari pemerintah untuk 450 VA dan 900 VA.

Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan berbagai bansos di Kelurahan Lesanpuro Kota Malang

Kedua bansos tambahan untuk Program Keluarga Harapan (PKH) itu, saat ini sedang dalam koordinasi teknis dengan beberapa pihak terkait yaitu Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) serta pihak Perbankan. Dengan adanya berbagai bansos yang akan diintegrasikan ini, maka diharapkan penyaluran bantuan ini lebih efektif lagi dan tepat sasaran.

Hal itulah yang disampaikan oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa setelah menyerahkan berbagai bansos di area e-Warung yang ada di Jl. Ki Ageng Gribig, Kelurahan Lesanpuro, Kota Malang, Senin (23/01). Ditambahkan Menteri Khofifah, dengan multi program sinergi ini diharapkan juga dapat segera mewujudkan sebuah keluarga mandiri.

“Kita berharap dalam dua hingga tiga tahun akan terbentuk atau terwujud banyak keluarga mandiri yang secara otomatis akan mengurangi jumlah keluarga kurang mampu di Indonesia.  Maka dari itu, warga penerima program diharapkan bisa memanfaatkannya dengan baik,” himbau Menteri Khofifah.

Dijelaskan perempuan berjilbab itu, bagi warga penerima bansos yang setiap bulan mendapat bantuan sebesar Rp 110 ribu, apabila tidak digunakan dalam satu bulan, maka jangan kuatir dananya akan hilang atau hangus. Dana yang ada masih digunakan atau diakumulasikan pada bulan berikutnya.

Menteri Khofifah juga mengimbau warga penerima bansos agar mulai belajar menabung berapa pun jumlahnya. Katakan meski hanya Rp 10 ribu atau Rp 20 ribu dalam satu minggu, hendaknya sebisa mungkin ditabung. “Warga yang sudah mempunayi buku tabungan dan ATM, juga tidak perlu khawatir uang tabungannya akan hilang atau berkurang, karena sudah dijamin oleh bank yang mengeluarkan buku tabungan dan ATM tersebut,” ungkapnya. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content