Berita

Walikota Malang Imbau Warga Optimalkan Fungsi Masjid

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang H. Moch. Anton mengimbau warganya agar lebih mengoptimalkan fungsi masjid. Dalam konteks ini, masjid hendaknya tidak hanya dijadikan sebagai tempat beribadah menjalankan salat saja, namun juga bisa difungsikan untuk kegiatan keagamaan lainnya seperti pendidikan Al-Quran, pengajian, musyawarah warga, dan sebagainya.

Walikota Malang H. Moch. Anton berpesan kepada warga masyarakat agar memakmurkan dan mengoptimalkan fungsi masjid

Dengan demikian, maka ukhuwah islamiah atau hubungan antar sesama warga dapat lebih baik lagi seiring adanya komunikasi langsung dalam satu tempat yaitu masjid. Semakin banyaknya masjid-masjid baru dengan fungsi yang optimal seperti itu maka juga akan turut membantu program Pemerintah Kota Malang dalam hal pembinaan masyarakat.

Beberapa hal itu disampaikan Wali Kota Malang H. Moch. Anton dalam peresmian Masjid Baitur Rochmah yang berada di Jl. KH Hasyim Gang 5 Kedungkandang, Minggu malam (12/2).  Ditambahkannya, jika dalam suatu daerah ada masjid, maka warga sekitar harus dapat memakmurkannya dan jangan hanya dijadikan pelengkap saja.

Begitu juga bagi anak-anak, lanjut pria yang akrab disapa Abah Anton itu, hendaknya bisa menambah dan memperdalam ilmu agama di masjid. Terkait hal tersebut, pendidikan agama di sekolah bisa diperkuat melalui pendidikan di masyarakat, yaitu dengan datang ke masjid untuk belajar.

“Terutama saat ini, dimana kemajuan teknologi dan informasi yang sudah tidak menentu serta lebih besar mengarah ke tindak negatif. Orang tua harus lebih ekstra dalam memberikan pengawasan dan pendidikan kepada anak-anaknya. Jangan menerima atau percaya dengan informasi yang belum tentu kebenarannya atau yang dapat memicu perpecahan,” imbau Abah Anton.

Lebih jauh orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota Malang itu menyampaikan bahwa jika pendidikan agama dan pendidikan formal anak sudah kuat dan berimbang, maka nantinya akan melahirkan calon pemimpin bangsa yang amanah serta menjadi kebanggaan orang tua. “Maka dari itulah, mari kita awali semua ini dengan hal terkecil seperti halnya memakmurkan dan mengoptimalkan fungsi masjid,” pungkas Abah Anton. (say/yon) 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content