Berita

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sosialisasikan Gemarikan ke Pelajar

Blimbing (malangkota.go.id) – Memberikan edukasi dan sosialisasi kepada para pelajar di Kota Malang agar gemar mengonsumsi ikan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang menggelar Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di SMP Negeri 5 Malang, Selasa (15/8).

Sosialiasasi Gemarikan di SMPN 5 Malang

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Sri Winarni, SH mengungkapkan, untuk meningkatkan mutu gizi masyarakat, saat ini Dinas Pertanian Kota Malang terus mengampanyekan gerakan makan ikan.

“Kandungan gizi ikan sangat baik, namun konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih kurang. Untuk itu sosialisasi terus dilakukan,” ungkap Win, panggilan akrab Sri Winarni, Selasa (15/8).

Win menambahkan, berbagai cara dan upaya terus dilakukan agar anak-anak gemar mengonsumsi ikan yang sangat baik gizinya. Diantaranya adalah dengan mengolah ikan menjadi produk makanan olahan yang menarik. Seperti contohnya dengan mengolah ikan menjadi abon, ikan asap, ikan balado, dan lain sebagainya.

Selain menyosialisasikan Gemarikan, Dinas Pertanian Kota Malang juga getol mengajak masyarakat untuk membudidayakan ikan. Meskipun lahan yang dimiliki terbatas, ada alternatif berbudi daya ikan yaitu budi daya ikan dengan menggunakan media terpal (kolam terpal).

“Saat ini sudah semakin banyak masyarakat yang memelihara ikan di kolam terpal. Di Kota Malang lahan sudah sangat terbatas, ini sangat cocok dilakukan,” jelasnya.

Bukan hanya itu saja, untuk memberikan stimulan agar anak-anak makin menyukai ikan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Malang juga sudah menggelar berbagai lomba yang berkaitan dengan ikan, diantaranya lomba menggambar ikan, lomba fashion show bertema ikan, dan lain sebagainya.

Dengan meningkatkan konsumsi ikan, Win yakin anak-anak di Kota Malang masa pertumbuhannya akan bagus dan semakin berprestasi.

Sementara itu Kepala SMPN 5 Malang Drs. Burhanuddin, M.Pd menyampaikan apresiasinya dengan kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang ini. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat baik bagi para siswa agar lebih gemar makan ikan.

“Kami ingin anak-anak kami bisa cerdas, tinggi-tinggi, dan berpretasi seperti di negara negara maju seperti Jepang. Untuk itu kami mendukung penuh kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kota Malang ini,” ucap Burhanuddin. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content