Berita

Festival Kendaraan Hias 2018 ‘Malang Guyub Indonesia Satu’

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang kembali menggelar Festival Kendaraan Hias 2018 dengan tema ‘Malang Guyub Indonesia Satu’, Minggu (19/8).

Salah satu peserta Festival Kendaraan Hias Kota Malang 2018

Plt. Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji hadir dan membuka festival kendaraan hias yang mengambil start di halaman depan Balai Kota Malang – Jl. Kahuripan – Jl. Rajabali- Jl. Semeru dan finish di depan Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang itu.

Sutiaji mengungkapkan festival kendaraan hias ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Kota Malang. Disampaikannya, perayaan HUT RI tidak hanya diisi dengan suasana bersuka cita saja, lebih dari itu adalah esensi HUT Kemerdekaan itu sendiri bagaimana mengisinya untuk menciptakan kesejahteraan.

“Untuk mencapai kesejahteraan tentu membutuhkan kerja sama, bahu membahu, serta gotong royong dari semua elemen masyarakat,” terang Sutiaji, Minggu (19/8).

Hasil yang diraih Kota Malang saat ini merupakan bukti nyata dari kerja sama seluruh komponen masyarakat di Kota Malang yang telah dengan sukarela berpartisipasi dalam setiap pembangunan yang dilakukan.

“Termasuk dalam keikutsertaan lomba kendaraan hias hari ini. Ini merupakan bukti nyata partisipasi masyarakat,” imbuhnya lagi.

Sutiaji pun mengajak seluruh warga masyarakat Kota Malang untuk turut serta memajukan Kota Malang tercinta, serta festival seperti ini dapat menjadi salah satu wahana bagi tumbuh kembangnya kreativitas dan potensi di bidang seni, budaya dan pariwisata.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta bangsa dalam rangka mewujudkan suksesnya pembangunan di Kota Malang menuju Malang sebagai Kota yang Bermartabat.

“Pelaksanaan wisata event ini juga diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara ke Kota Malang” harap Ida Ayu.

Dijelaskan Ida, tema ‘Malang Guyub Indonesia Satu’ dimaksudkan bahwa karakteristik masyarakat Kota Malang yang heterogen diharapkan dapat bekerja sama membangun Kota Malang.

Peserta yang ikut dalam kegiatan ini meliputi 110 kendaraan hias, 135 peserta sepeda hias tingkat SMP dan 30 kendaraan hias tingkat SMK. (cah/yon)

  • Pemenang Festival Kendaraan Hias Tahun 2018:
  1. Kategori OPD, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi, Media dan Stakeholder Pariwisata
    Juara 1 : PDAM dengan nilai 976
    Juara 2 : Bank Jatim dengan nilai 973
    Juara 3 : Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Malang dengan nilai 954
  2. Kategori Masyarakat Umum, Kelurahan, Komunitas, dan Media
    Juara 1 : Kelurahan Kasin dengan nilai 954
    Juara 2 : Kelurahan Merjosari dengan nilai 936
    Juara 3 : Kelurahan Dinoyo dengan nilai 934
  • Festival Sepeda Pancal Hias:
    1. Juara 1 : SMPN 24 Malang dengan nilai 920
    2. Juara 2 : SMK Prajna Paramita dengan nilai 890
    3. Juara 3 : SMPN 18/4/13 dengan nilai 886

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content