Artikel

Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Resmikan Gedung MI Nurul Huda 1 Malang

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Gedung Madrasah Ibtidaiah (MI) Nurul Huda 1 Malang akhirnya diresmikan, Jumat (31/8) setelah dilakukan rehab yang memakan waktu kurang lebih satu tahun. Pembangunan ini merupakan bantuan hibah Pemerintahan Jepang untuk keamanan manusia tingkat grass-roots melalui Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya.

Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Masaki Tani saat memberikan sambutan dan meresmikan Gedung MI Nurul Huda 1 Malang

Peresmian gedung MI Nurul Huda 1 yang berlokasi di Jl. Kyai Sofyan Yusuf No.32, Kedungkandang, Kota Malang tersebut dihadiri oleh Konsul Jendral Jepang di Surabaya, Masaki Tani, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial Setda Kota Malang Drs. Abdul Malik, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, serta Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah.

Kepala MI Nurul Huda I Malang, Munir, S.Ag mengungkapkan sangat senang sekali MI Nurul Huda 1 akhirnya memiliki ruang kelas yang representatif. Disampaikannya, hal ini tidak lepas dari peran Pemerintahan Jepang yang sangat antusias memberikan bantuan.

“Total bantuan yang kami terima untuk merehabilitasi total MI Nurul Huda 1 dari Konjen Jepang sebanyak Rp 842.883.000,” jelas Munir, Jumat (31/8).

Proyek ini disebutkan Munir merupakan bantuan hibah grass-roots untuk keamanan manusia oleh pemerintah Jepang dengan MoU yang ditandatangani 15 Maret 2017. MI Nurul Huda 1 yang berdiri sejak 1946 itu terakhir direhab tahun 1970 sehingga ruang belajarnya sudah banyak yang tidak layak.

“Alhamdulilah proses pemberian bantuan kepada kami sangat lancar. Kami sangat bersyukur atas bantuan ini. Semoga semakin banyak membawa manfaat,” harap Munir.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Zubaidah, MM mengaku senang dengan rampungnya pembangunan gedung MI Nurul Huda 1 Malang. Rampungnya pembangunan menurutnya akan sangat membantu peningkatan mutu proses pendidikan di sekolah ini dan juga di Kota Malang.

“Kalau saat ini Komjen Jepang sudah membantu MI Nurul Huda 1, kami berharap ke depan Komjen Jepang juga membantu sekolah-sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan Kota Malang,” harap Zubaidah.

Apresiasi juga disampaikan oleh Konsul Jendral Jepang di Surabaya Masaki Tani. Ia mengungkapkan sangat senang bisa datang ke Kota Malang untuk melakukan peresmian.

“Tidak hanya di Indonesia, Jepang juga membantu masyarakat yang membutuhkan seperti di Pakistan, Iran, Congo, Thailand, El Savador. Ini merupakan program kemanusiaan untuk membantu masyarakat agar bisa tersenyum bahagia,” terang Masaki.

Selain merupakan kegiatan kemanusiaan, Masaki menyebutkan bantuan ini diberikan ke MI Nurul Huda I adalah untuk merayakan hubungan Indonesia-Jepang. (cah/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content