Berita

Sutiaji-Sofyan Edi Dilantik, Ini Pesan Gubernur Jawa Timur

Surabaya (malangkota.go.id) – Setelah melalui beberapa tahapan pemilihan kepala daerah beberapa waktu yang lalu, Wali Kota Malang dan Wakil Wali Kota Malang terpilih yakni Drs. H. Sutiaji dan Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko akhirnya secara resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Gubernur Jawa Timur H. Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin pagi (24/9).

Gubernur Jatim Soekarwo memberikan selamat kepada Wali Kota Malang Sutiaji

Sutiaji beserta Ibu Widayati dan Sofyan Edi Jarwoko beserta Ibu Elly Estiningtyas hadir bersama 11 kepala daerah lainnya di Jawa Timur yang juga dilantik kemarin.

Setibanya di Gedung Grahadi, pasangan Wali Kota Malang dan Wakil Wali Kota Malang disambut langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Jumadi, M.MT beserta istri.

Setelah menjalani serangkaian prosesi pelantikan, Sutiaji-Sofyan Edi mendapatkan banyak wejangan dari Gubernur Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyampaikan bahwa sebagai pemimpin baru dengan mandat dan impian baru serta dengan amanah yang di emban, semoga dapat memberikan kemajuan-kemajuan bagi daerahnya masing-masing.

Gubernur yang akrab disapa Pakdhe Karwo itu juga berpesan agar semua elemen masyarakat harus mendukung pasangan kepala daerah yang telah dilantik hari ini demi suksesnya pembangunan di daerah.

“Sudah saatnya kita melangkah bersama untuk membangun Jawa Timur sesuai visi misi yang telah ditetapkan. Visi misi yang sejalan dengan visi misi Presiden RI dan Gubernur Jawa Timur,” pesannya.

Meningkatkan hubungan kerja serta menjaga keharmonisan antara kepala daerah dengan DPRD juga menjadi salah satu pesan penting yang diselipkan Pakdhe Karwo dalam sambutannya. “Kunci utamanya adalah komunikasi yang dijalin dengan baik, karena dengan adanya komunikasi maka segala permasalahan dapat teratasi,” tuturnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, hal penting yang juga patut diperhatikan adalah melakukan langkah-langkah yang preventif dalam pencegahan tindak pidana korupsi khususnya dalam proses pengadaan barang dan jasa. Pengelolaan keuangan juga diharapkan dapat memperhatikan aspek-aspek transparansi serta meningkatkan pelayanan publik.

“Namun saat ini, tindak pidana korupsi berawal dari kurangnya integritas pada masing-masing diri pelakunya” tambahnya.

Pesan lain dari Pakdhe Karwo yang juga menjadi pekerjaan rumah bagi Sutiaji adalah peningkatan program-program keterampilan dan pelatihan bagi masyarakat Kota Malang. Berdasarkan data yang ada, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Malang dinilai paling tinggi dari kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur.

Turut hadir menyaksikan pelantikan antara lain Forkopimda Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Selain Wali Kota Malang dan Wakil Wali Kota Malang, 11 kepala daerah lain di Jawa Timur juga dilantik antara lain Bupati-Wakil Bupati Probolinggo, Bupati-Wakil Bupati Bangkalan, Bupati-Wakil Bupati Bojonegoro, Bupati-Wakil Bupati Nganjuk, Bupati-Wakil Bupati Pamekasan, Bupati-Wakil Bupati Pasuruan, Bupati-Wakil Bupati Magetan, Bupati-Wakil Bupati Madiun, Bupati-Wakil Bupati Lumajang, Bupati-Wakil Bupati Bondowoso, dan Bupati-Wakil Bupati Jombang. (ts/yon)

Baca juga dalam : Berita