Berita

Mudahkan Indentifikasi, Pohon-Pohon di Kota Malang Dipasang KTP

Klojen (malangkota) – Guna mencegah terjadinya pohon tumbang dan dalam rangka perawatan, khususnya pohon besar serta berumur tua, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Malang melakukan pendataan.

Petugas Disperkim Kota Malang memasang KTP

Selain melakukan pendataan, petugas Disperkim (Polisi Taman) dalam hal ini juga memasang Kartu Tanda Pohon (KTP). Pemasangan KTP yang dilakukan hari Kamis (28/02/2019) ini lebih difokuskan pada pohon yang ada di pinggir jalan raya dan jalan-jalan utama.

Menurut Koordinator Polisi Taman Disperkim Kota Malang, I Made Suweca saat ditemui disela-sela pemasangan KTP mengatakan, melalui upaya ini dapat meminimalisir serta bahkan mencegah terjadinya pohon tumbang yang membahayakan warga.

Sebagaimana diketahui, di Kota Malang terutama di area perkantoran seperti di area Balai Kota Malang, dan jalan-jalan utama banyak aneka jenis pepohonan yang berukuran besar serta berusia ratusan tahun. Sebut saja pohon trembesi dan pohon mahoni yang berfungsi sebagai sumber oksigen serta keindahan tata kota.

Akan tetapi, dibalik semua itu, terang Made, pepohonan ini dapat memicu terjadinya musibah pohon tumbang, terutama ketika musim hujan dengan intensitas tinggi dan kadang disertai angin kencang.

“Oleh sebab itulah, diperlukan pengawasan dan perawatan intensif, sehingga bencana alam yang diakibatkan oleh pepohonan ini dapat diantisipasi,” imbuhnya.

Dengan diberikannya KTP ini, lanjut dia, maka akan lebih memudahkan pengawasan dan perawatan pohon yang jumlahnya sangat banyak. Tak hanya pepohonan besar dan berusia tua, pohon-pohon berukuran kecil maupun sedang yang ada di pinggir jalan juga diberi KTP.

“Pada KTP ini juga diberi kode QR (Quick Response) yang di-scan oleh petugas dari Disperkim sebagai database sehingga pengecekan dan perawatan pohon ini bisa dilakukan melalui sebuah aplikasi khusus yang ada di smartphone,” sambung Made.

Upaya lain untuk mencegah terjadinya pohon tumbang seperti melakukan pemangkasan ranting pohon secara berkala, disampaikannya juga akan dilakukan oleh petugas.

“ Selain itu pemantauan pohon dengan melakukan pengecekan setiap saat oleh petugas keliling juga akan kami lakukan sehingga pepohonan di kota ini bisa tumbuh serta terawat dengan baik,” pungkas Made. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content