Berita

Pemkot Malang Terima Kunker Pemkot Samarinda

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota Malang menerima kunjungan kerja (kunker) Pemerintah Kota Samarinda di Ruang Sidang Balai Kota Malang, Rabu (11/9/2019). Kepala BPKAD Kota Malang Drs. Subkhan dan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Malang Dwi Rahayu SH, M.Hum menerima kunker dari Pemkot Samarinda yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum Pemkot Samarinda, Dr. H. Ali Fitri Noor, MM.

Kepala BPKAD Kota Malang Drs. Subkhan bertukar cinderamata dengan pimpinan rombongan kunker Pemkot Samarinda

Kunjungan oleh Pemkot Samarinda ini dilakukan dalam rangka studi tiru Sistem Akuntabilitas Kerja (SAKIP) yang sudah dijalankan Pemkot Malang, mengingat nilai SAKIP Pemkot Malang yang telah mencapai nilai BB.

Dan yang kedua, ke depannya Pemerintah Kota Malang maupun Samarinda menyampaikan harapannya untuk dapat saling meningkatkan nilai SAKIP.

“Dapat saya sampaikan, bahwa atas upaya penyempurnaan-penyempurnaan tersebut, laporan kinerja Pemerintah Kota Malang mendapatkan nilai BB dalam tiga tahun terakhir, yakni mulai tahun 2016, 2017 dan tahun 2018. Laporan kinerja Pemerintah Kota Malang ini telah dapat didownload di website https://malangkota.go.id,” terang Kepala BPKAD Kota Malang Drs. Subkhan dalam sambutannya.

Selanjutnya, Subkhan menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Malang senantiasa berupaya meningkatkan kinerjanya, mulai dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan dituangkan dalam bentuk Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP).

“Dalam rangka perbaikan SAKIP, Pemerintah Kota Malang telah melaksanakan beberapa aksi yakni, review RPJMD melalui penyempurnaan indikator kinerja daerah dengan Peraturan Wali Kota Malang No. 30 tahun 2015, penyempurnaan kinerja utama melalui Peraturan Wali Kota Malang No. 37 tahun 2015 tentang Penetapan Indikator Kinerja Utama, review Renstra OPD melalui penyempurnaan indikator kerja OPD dengan keputusan kepala OPD, penyempurnaan perjanjian kinerja sampai dengan eselon IV, serta laporan triwulanan evaluasi capaian OPD.” urainya.

Sementara itu pimpinan rombongan Pemkot Samarinda Ali Fitri Noor dalam sambutannya menyampaikan tujuannya melakukan studi tiru ke Pemerintah Kota Malang.

“Kami ingin belajar dari saudara tua kami, Kota Malang. Tercatat bahwa masyarakat yang berasal dari Jawa Timur, tepatnya arek Malang, di Kota Samarinda mencapai jumlah persentase yang tinggi, sehingga kami ingin mengajak Pemkot Malang untuk berkembang bersama,” ucapnya . (Rn/Em/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content