Artikel

Pokmas Kelurahan Gadingkasri Kembangkan Budidaya Anggrek

Sukun (malangkota.go.id) – Membantu meningkatkan keterampilan warga RW 1 Kelurahan Gadingkasri Kota Malang di bidang budi daya anggrek, Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kelurahan Gadingkasri Kecamatan Klojen Kota Malang menggelar pelatihan diKantor Kelurahan Gadingkasri, Rabu (11/9/2019).

Pelatihan budi daya anggrek di Kelurahan Gadingkasri

Ketua Pokmas Kelurahan Gadingkasri Joko Santoso mengungkapkan RW 1 Gadingkasri saat ini sangat serius membangun kampung anggrek. Di setiap rumah, warga menanam anggrek selain untuk menghias rumah juga agar lingkungan sekitar menjadi lebih sejuk dan asri.

“Kegiatan pelatihan ini kami harapkan membuat warga Gadingkasri semakin mahir membudidayakan anggrek. Ke depannya ini akan terus dikembangkan sehingga bisa menjadi usaha masyarakat,” harap  Joko, Rabu (11/9).

Joko menambahkan, di RW 1 Gadingkasri saat ini sudah dirintis usaha wisata edukasi kampung anggrek. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan ke depan usaha rintisan ini bisa semakin berkembang dan lestari.

“Ini merupakan program pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Gadingkasri. Adanya kegiatan ini sangat bagus untuk mengajak warga membangun usaha kreatif dan produktif,” terang Joko.

Meski pelatihan berlangsung singkat, berbagai materi pelatihan diberikan kepada warga. Mulai dari mengambil anggrek dari botol, menanam dalam trey, menanam dalam pot dan mendisplai untuk berjualan.

Adapun jenis anggrek yang dibudidayakan saat ini adalah anggrek dendrobium dan anggrek bulan, karena selain perawatannya relatif mudah, anggrek dendrobium dan anggrek bulan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. (cah/yon)

Baca juga dalam : Artikel
Jumat, 20 September 2019 5:00 WIB

Gandeng UMM, Konjen AS Gelar US Graduate Fairs 2019

Rabu, 18 September 2019 5:00 WIB

Warga Kelurahan Arjosari Terima Bantuan Kolam Lele