Berita

Wagub Emil: Kota Malang Lokomotif Digital Jawa Timur

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Malang menggelar Malam Anugerah Inovasi dan Kreativitas Informasi Digital (AIKID) 2019 digelar di Hotel Savana Kota Malang, Rabu (16/10/2019).

Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elastianto Dardak, M.Sc (kiri) menyerahkan penghargaan

AIKID 2019 yang merupakan agenda tahunan Dinas Kominfo Kota Malang kali ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elastianto Dardak, M.Sc, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji, Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Malang, Jajaran Forkopimda Kota Malang, kepala OPD di lingkungan Pemkot Malang beserta admin pengelola website, Kepala SMP Negeri se-Kota Malang, serta tamu undangan lainnya.

Melalui ajang AIKID ini, diharapkan akan memacu dan akan menjadi pemicu bagi instasi yang lain. Tak hanya instansi pemerintah dan BUMD, karena pada lomba kali ini juga diberikan penghargaan bagi SMP Negeri se-kota Malang.

Perhelatan ini mendapat apresiasi dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak. Menurutnya, gelaran ini akan menjadi pemantik bagi ASN sebagai pelayan publik untuk lebih maju dan kreatif.

“Selama ini, para pelajar dan kaum muda lain di kota (Malang) ini memiliki ketertarikan di dunia digital yang tinggi dan itu luar biasa,” ujarnya.

Komunitas dan pegiat media sosial pun, disampaikan Emil berkembang pesat dan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi kreatif yang signifikan, sehingga Kota Malang akan menjadi lokomotif digital bagi Jawa Timur.

“Ke depan berbagai program yang dicanangkan Pemprov Jatim dapat didorong lebih kuat, seperti untuk lebih mengenalkan dan memajukan wisata Bromo Tengger Semeru,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Kota Malang Dra. Tri Widyani P., M.Si menyambut baik apa yang disampaikan Wagub Jatim. Ke depan pihaknya akan terus mendorong OPD di lingkungan Pemkot Malang agar lebih kreatif dan lebih inovatif lagi.

“Salah satu tujuan dilaksanakan AIKID ini antara lain untuk menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan Pemkot Malang, untuk percepatan pembangunan serta untuk lebih menguatkan program smart city,” urai perempuan berhijab itu.

Di era yang serba digital ini, teknologi informasi menjadi kunci keberhasilan di berbagai aspek kehidupan. Tri Widyani mengingatkan agar dalam bermedia sosial hendaknya lebih bijak. Dan pada gelaran ini Dinas Kominfo Kota Malang telah mengajak berbagai elemen masyarakat untuk merealisasikan hal itu melalui deklarasi yang telah dilakukan saat pembukaan kegiatan. (say/yon)