Berita

Doa Bersama Awali Rekonstruksi Jembatan Muharto

Malang (malangkota.go.id) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang mulai mengerjakan perbaikan Jembatan Muharto, Kota Malang, Jumat (22/11/2019). Sebelum bekerja di lapangan, para petugas melakukan doa bersama untuk meminta dan memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Para petugas DPUPR Kota Malang melakukan doa bersama

“Pagi tadi, lazimnya nilai-nilai budaya kita serta sadar bahwa kuasa hanya milik Tuhan,  maka menandai awal pelaksanaan pembangunan, maka kita lakukan permohonan doa bersama,” ujar Kepala DPUPR Kota Malang, Ir. Hadi Santoso.

Ditambahkannya, estimasi pelaksanaan pengerjaan perbaikan Jembatan Muharto akan selesai dalam waktu satu hingga dua bulan ke depan. Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, bahwa  sesuai dengan rekomendasi Tim Teknis Universitas Brawijaya (UB), perbaikan Jembatan Muharto menggunakan metode refrofit  yang hasilnya mampu mengembalikan kondisi fisik seperti semula.

Perbaikan Jembatan Muharto ini, lanjutnya, menggunakan anggaran dari Belanja Tidak Terduga Tahun Anggaran 2019 senilai Rp1,3 miliar.

Metode retrofitting sendiri adalah  metode atau teknik untuk melengkapi bangunan dengan memodifikasi atau me-restore dengan menambah bagian atau peralatan baru yang dianggap perlu, karena tidak tersedia pada saat awal pembuatannya.

Teknik retrofitting bertujuan untuk menyesuaikan kondisi atau keperluan baru terhadap bangunan seperti memperbaiki bangunan yang rusak, memperkuat bangunan, menambah, dan lain sebagainya tanpa harus membongkar total bangunan yang sudah ada.

Hadi Santoso juga meyakinkan bahwa setelah rekonstruksi, Jembatan Muharto sangat layak dan aman dilewati. “Meski tetap saya berpesan perilaku bijak harus terus ditumbuh-kembangkan,  di antaranya perilaku buang sampah sembarangan di bibir jembatan,  di bahu jembatan atau dilempar lewat jembatan,” pesannya. (hms/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content