Artikel

Polresta Malang Kota Bentuk Tim Singo Arema Police

Klojen (malangkota.go.id) – Tingginya kasus kejahatan seperti pencurian kendaraan bermotor, pencurian dengan kekerasan dan pencurian dengan pemberatan di wilayah kerja Mapolresta Malang Kota, membuat Polresta Malang Kota membentuk tim khusus untuk memberantas berbagai kasus jalanan tersebut. Tim yang diberi nama ‘Singo Arema Police’ ini diresmikan Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Leonardus Harapantua Simarmata di halaman Mapolresta Malang Kota, Rabu (22/01/2020).

Tim Singo Arema Police Polresta Malang Kota

Dengan semangat Salam Satu Jiwa, dari sejumlah kasus jalanan itu tim Singo Arema Police lebih diprioritaskan kepada pemberantasan dan pengungkapan kasus pencurian sepeda motor. Tim khusus ini beranggotakan personel yang dipilih dari sejumlah satuan, seperti intel, reserse, sabhara dan polsek. Dibekali senjata lengkap, personil singo arema police akan melakukan patroli 24 jam secara bergantian, terutama ke daerah yang dianggap rawan.

Menurut Kapolresta Leonardus, kasus kejahatan jalanan ini kerap terjadi di kawasan kampus dan perumahan, karena di kedua area tersebut selama menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan. “Selain warga diimbau waspada, polisi pun akan memberi tindakan tegas terarah atau tembak di tempat bagi pelaku kejahatan jalanan, sehingga bagi para calon pelaku dan para pelaku kejahatan hendaknya mewaspadai hal ini jika tidak ingin  dihadiah timah panas oleh polisi,” tegasnya.

Jumlah personel dan sarana penunjang lain, mantan Kapolres Kota Batu itu mengatakan ke depan akan terus ditambah dan diperbaiki sesuai dengan tingkat kebutuhan tim Singo Arema Police di lapangan, seperti jumlah personel, senjata, kendaraan dan fasilitas lain. Sedangkan terkait tingginya kasus kejahatan jalanan di wilayah Malang Kota, menurut Kapolresta Leonardus, mayoritas karena faktor ekonomi dan banyaknya pemilik kendaraan bermotor di kota ini.

Meski telah dibentuk tim khusus, namun jajaran Polresta Malang Kota nantinya juga akan melakukan upaya lain untuk menekan dan mencegah terjadinya kejahatan jalanan ini, seperti membuat video khusus yang akan disebar kepada masyarakat. “Salah satu isi dari video itu diantaranya yaitu tips-tips mengamankan kendaraan bermotor, khususnya roda dua yaitu dengan mengunci kendaraan dengan setir menghadap ke kanan,” pungkasnya. (say/yon)

Baca juga dalam : Artikel
Senin, 24 Februari 2020 5:00 WIB

Pengurus DPC Hipakad Malang Raya Resmi Dilantik