Artikel Sains dan Teknologi

Mengenal Zeus Animation, Studio Animasi di Kota Malang

Blimbing (malangkota.go.id) – Industri animasi menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang kini mulai banyak dilirik. Bahkan animasi digadang-gadang menjadi salah satu industri ekonomi kreatif potensial yang bisa dikembangkan di Indonesia. Kelahiran animator-animator Indonesia yang berkualitas menjadi sinyal positif berkembangnya industri ini.

Zeus Animation, Studio Animasi di Kota Malang

Di Kota Malang, kini telah banyak animator dengan ragam karya yang berkualitas. Di antaranya bahkan juga terlibat dalam pembuatan film animasi bertaraf internasional. Tentunya, para animator ini akan dapat terus berkembang dengan adanya ekosistem dan habitat yang mendukung. Keberadaan studi animasi juga penting untuk mendukung para animator berkarya.

Adalah Zeus Animation, sebuah studio animasi yang berada di Kota Malang. Bergerak di bidang periklanan dan multimedia, Zeus Animation fokus utamanya adalah memproduksi animasi motion graphic untuk keperluan Explainer Video 2D dan 3D.

Berdiri sejak tahun 2016, Zeus Animation lahir dari mimpi sekelompok anak muda kreatif yang ingin mengembangkan industri animasi di Malang Raya. Studio animasi yang terletak Jalan Kresno No. 1 Polehan Kota Malang ini berawal dari sebuah tim kecil yang terdiri dari lima orang, akan tetapi kini terdapat 10 tim inti dan 20 lebih freelancer.

“Alhamdulilah hingga saat ini bisa berkembang, dikenal banyak perusahaan lokal dan internasional. Kami dulunya difasilitasi pemerintah, dan kini bisa berdiri sendiri,” ungkap pimpinan Zeus Animation, Muchammad Muwaffaq.

Tak hanya berorientasi bisnis, Zeus Animation juga berkomitmen untuk berbagi ilmu dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Ada lebih dari 100 peserta magang dari berbagai universitas dan SMK yang juga terlibat dalam studio ini. “Untuk saat ini kami juga terbuka untuk program magang maupun bimbingan startup dari pihak sekolah/universitas/umum, dengan tujuan meningkatkan dan menghasilkan SDM kreatif baru yg siap kerja dengan membuka kelas internship kami yakin, Indonesia akan memiliki SDM andal,” bebernya.

Telah banyak karya yang dihasilkan di antaranya adalah, video iklan animasi (explainer video), series YouTube edukasi bagi anak-anak, serta berbagai aset game dan animasi. Produk yang dihasilkan selalu disesuaikan dengan permintaan klien. Namun yang menjadi keunggulan Zeus Animation adalah waktu produksi yang singkat.

“Kami pernah menggarap proyek dari Microsoft Group, WHO dan perusahaan besar maupun startup-startup lainnya pernah kita buatkan video animasinya. Rata-rata kami memproduksi satu animasi selama 7-14 hari. Dengan milestone produksi mulai dari script writing, storyboarding, animating, dan compositing serta revisi, hingga deliver project,” urainya.

Beberapa waktu lalu, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di sela-sela agenda kedinasannya sudah menyempatkan diri untuk mengunjungi studio animasi ini. Wali Kota Malang pun sangat mengapresiasi keberadaan studio animasi Zeus maupun studio animasi lainnya karena akan melahirkan kaum muda yang kreatif dan inovatif. “Animasi ini menjadi bagian dari 17 subsektor ekonomi kreatif yang juga menjadi fokus Kota Malang yang telah ditasbihkan sebagai kota kreatif dalam bidang perfilman dan game,” ungkap Sutiaji. (ari/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content