Artikel

Poktan Lanud Abd Saleh Dapat Arahan Tentang Pertanian Sistem Hidroponik

Malang, MC – Kelompok Tani (Poktan) Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang terdiri dari anggota Lanud Abd. Saleh kemarin, Rabu (8/6) melanjutkan pembelajaran cara bertani dengan sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) yang disampaikan oleh Ibu Tyas dari PT. Agro Gemilang Malang.

Anggota Poktan Lanud Abd Saleh Malang menyimak pemaparan pemateri, tentang system hidroponik
Anggota Poktan Lanud Abd Saleh Malang menyimak pemaparan pemateri tentang sistem hidroponik

Gelaran yang digelar di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh ini juga dihadiri oleh Komandan Lanud Abd Saleh Malang, Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, SE.

Sebagaimana yang diterangkan oleh Ibu Tyas dan Ibu Susan beberapa waktu yang lalu, Poktan Lanud Abd Saleh telah dikenalkan dan diajarkan cara bertanam dengan sistem NFT.

Dan untuk kali ini dilanjutkan pembelajaran mempertahankan pH yang tepat dalam sistem hidroponik (hydroponic system) yang akan mencegah reaksi kimia negatif pada larutan nutrisi hidroponik karena tingkat pH tinggi yang dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran sistem hidroponik.

Ada enam sistem yang dibahas tentang masalah nutrisi untuk tanaman hidropinik dan macam-macam hidroponik. Diantaranya NFT (Nutrient Film Technique), Dark Bucket, Rafting System, dan lain-lain.

Dikatakannya, rentang pH sebuah tanaman memang memiliki perbedaan, namun untuk menyiasatinya kita harus mengetahui berapa batas-batas maksimum dari tanaman yang kita miliki, karena banyaknya asam dan basa dapat menyebabkan korosi dan tentu saja itu adalah hal berbahaya untuk tanaman.

Pembekalan poktan kemarin dihadiri 40 orang dari poktan masing-masing satuan kerja di Lanud Abd Saleh. Tiap satker di tunjuk dua orang untuk mendapat pengarahan dari PT Agro Gemilang Malang. Danlanud Abd Saleh yang ikut hadir diacara tersebut juga turut menyimak penyampaian Ibu Tyas tentang bagaimana menjaga keasaman tanah.

Marsma Djoko mengimbau kepada anggotanya yang ikut poktan agar bersemangat mengikuti pembelajaran cara bercocok tanam ini. Karena Lanud Abd Saleh telah bekerjasama dengan ahli tanaman dari PT. Agro Gemilang yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang. 

Danlanud Abd Saleh juga mengatakan, dengan belajar bertani seperti ini dapat membuka peluang usaha pertanian bagi anggota Lanud Abd Saleh yang ikut dalam poktan. Program ini untuk merangsang dan memberikan inovasi bagi anggota Lanud Abd Saleh dalam mengembangkan pertanian agribisnis. (say/yon)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content