Berita

Penggunaan Masker Saat Wabah Covid-19

Malang, MC – Menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr. Husnul Muarif, di masa wabah virus seperti saat ini warga masyarakat tetap diimbau menggunakan masker atau penutup mulut saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini menyikapi adanya informasi atau pernyataan jika masker hanya boleh digunakan oleh orang yang sakit dan sedangkan yang sehat tidak perlu menggunakannya.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Malang, dr. Husnul Muarif

“Tidak ada salahnya menggunakan masker saat kita terpaksa harus keluar untuk mengantisipasi atau membentengi diri kita sendiri. Karena masyarakat kita terkadang cenderung abai ketika batuk dan kondisi kesehatannya kurang baik, serta saat keluar dari rumah tidak menggunakan masker,” ujarnya pada Jumat (03/04/2020).

Tak hanya saat keluar rumah, imbuh dr. Husnul, ketika berada di kerumunan massa atau bertemu banyak orang, sebaiknya menggunakan masker, karena tidak ada yang tahu apakah orang yang ditemui itu terpapar virus Covid-19 atau tidak.

“Jika masyarakat kita mau disiplin, di mana saat kondisi kesehatannya kurang baik selalu menggunakan masker, maka bagi orang yang sehat tidak masalah jika tidak menggunakan masker,” tegasnya.

Pria berkacamata itu menambahkan, selain menggunakan masker, yang terpenting juga adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan diri. “Seperti selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, cukup istirahat, rajin berolahraga, makanan makanan bergizi, cukup istirahat serta tidak keluar rumah jika tidak terpaksa,” imbuh dr. Husnul.

Jika jumlah masker terbatas yang dimiliki, terang dia, masker yang satu dua kali dipakai bisa dicuci bersih, disetrika dan bisa digunakan lagi. Namun jangan menggunakan masker orang lain meski dalam satu keluarga, sebagai upaya mengantisipasi berbagai hal. “Jika terpaksa harus mencuci dan digunakan lagi tidak apa-apa,” sambungnya. (say/ram/yon)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca juga dalam : Berita
Kamis, 6 Agustus 2020 5:00 WIB

Kota Malang Kampanyekan Disiplin Bermasker