Artikel

Menengok Penguatan Kampung KB Bunulrejo

Blimbing (malangkota.go.id) – Apa yang terpikirkan tentang Kampung Keluarga Berencana (KB). Secara umum, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Sedangkan secara khusus, Kampung KB ini dibentuk selain untuk meningkatkan peran serta pemerintah, lembaga non-pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, mendampingi dan membina masyarakat untuk menyelenggarakan program KKBPK dan pembangunan sektor terkait, juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasan kependudukan.

Beberapa hal itulah yang disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Kelurahan Bunulrejo, Andri Wiwanto pada Jumat (17/07/2020). Terkait hal tersebut, Kampung KB di wilayah Kelurahan Bunulrejo Kecamatan Blimbing fokus kepada pengelola program KKBPK dalam hal ini Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Guna penguatan program tersebut, dikatakan Andri, pada tanggal 21 Juli nanti akan digelar acara khusus di Bunulrejo bertajuk ‘Minilog Program Motivasi Spirit Pembangunan Kampung KB Mbois’.

“Sasaran kegiatan yang merupakan subyek dan obyek dalam pelaksanaan kegiatan operasional pada Kampung KB selain keluarga. PUS (pasangan usia subur), lansia, dan remaja juga keluarga yang memiliki balita, keluarga yang memiliki remaja dan keluarga yang memiliki lansia,” urainya.

“Sedangkan sasaran sektoral disesuaikan dengan bidang tugas masing-masing yang pelaksananya adalah Kepala Desa/Lurah, Ketua RW, Ketua RT, PKB, Petugas lapangan sektor terkait, TP PKK, kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dalam hal ini PPKBD dan Sub PPKBD, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokohagamat, tokoh pemuda serta kader pembangunan lainnya,” sambung Andri.

Oleh sebab itu Kampung KB ini diharapkan menjadi miniatur atau gambaran (potret) dari sebuah desa yang di dalamnya terdapat keterpaduan dari program pembangunan KKBPK yang disinergikan dengan program pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.

Lebih jauh Andri mengatakan, sehingga potret Kampung KB Mbois Bunulrejo akan berbasis potensi wilayah dan wisata tematik. “Dalam menuju spirit mengangkat potensi Kelurahan Bunulrejo yang mempunya sejarah 1.085tahun, peran Kampung KB dalam menjadi sentral dalam membangun pontesi keluarga dan wilayah, sehingga agenda Minilog Pokja Kampung KB Mbois Bunulrejo ini bertujuan memberikan suatu pondasi dalam pengembangan kreativitas Keluarga,” pungkasnya. (say/yon)

You may also like

Skip to content