Berita

Terminal Madyopuro Berpeluang Melaju ke Tingkat Nasional Lomba Terminal Sehat

Kedungkandang (malangkota.go.id) – Pemerintah terus berupaya untuk menekan penyebaran wabah Covid-19 dan mencegah timbulnya klaster baru. Terkait hal tersebut, Kementerian Perhubungan RI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan menggelar Lomba Terminal Sehat. Pasalnya, terminal menjadi salah satu tempat strategis penularan virus, karena menjadi tempat pusat kerumunan massa dari berbagai daerah.

Tim juri melakukan verifikasi lapangan Lomba Terminal Sehat di Terminal Madyopuro

Terminal Madyopuro Kota Malang yang merupakan terminal tipe C menjadi salah satu peserta bersaing dengan terminal di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur seperti Blitar, Ngawi dan Situbondo. Adapun kriteria yang menjadi penilaian diantaranya yaitu terkait penerapan protokol kesehatan, pengecekan suhu tubuh petugas dan sopir, ketersediaan sarana prasarana harus memadai seperti ruang kesehatan, tempat merokok dan ruang menyusui juga menjadi poin penilaian.

Ketua tim juri Lomba Terminal Sehat, Mulia Utama Putra Alam Siregar, Selasa (22/09/2020) saat melakukan verifikasi lapangan di Terminal Madyopuro mengungkapkan dengan digelarnya lomba ini sekaligus akan memotivasi setiap daerah agar terus berinovasi dalam melakukan berbagai perbaikan di area terminal. “Hal ini juga sebagai upaya untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 dan akan memberi kenyamanan bagi masyarakat saat berada di terminal,” paparnya.

Mulia Putra yang juga adalah Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XI Provinsi Jawa Timur berpesan agar terminal juga dapat difungsikan sebagai tempat pelayanan bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, karena saat ini masa pandemi maka penerapan protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat dan bagi siapapun yang melanggar harus mendapat sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku. Terkait penilaian dan peluang dalam ajang lomba ini, Mulia menyampaikan jika Terminal Madyopuro mempunyai peluang besar lolos ke tingkat nasional.

Senada, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengatakan bahwa pihaknya optimis akan dapat melaju ke tingkat nasional untuk mewakili Jawa Timur. “Dari verifikasi lapangan ini, apa yang menjadi koreksi atau kekurangan dari tim juri, pasti akan kita penuhi secepatnya serta sebaik mungkin,” tegasnya.

Lebih jauh pria berkacamata itu menambahkan, di Terminal Madyopuro ini akan ditambah berbagai sarana prasarana dan juga akan menjadi rest area. Adanya jalur keluar masuk pintu jalan tol yang bersebelahan dengan lokasi terminal dan jalur ke Gunung Bromo dan Semeru menjadi modal besar dalam pengembangan terminal ini ke depan. “Kami memberi kenyamanan dan juga keamanan secara optimal bagi warga yang singgah di terminal ini nantinya,” tegas Wali Kota Sutiaji. (say/yon)

You may also like

Skip to content