Berita

Bung Edi Apresiasi e-Bike SMK Nasional Malang

Malang (malangkota.go.id) Wakil Wali Kota Malang, Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi produk kreatif hasil karya SMK Nasional Kota Malang berupa electric bike (e-bike) atau sepeda bertenaga listrik. Sejumlah sepeda yang ia launching pada Sabtu (12/12/2020) di sekolah yang ada di Jalan Raya Langsep 43 Kota Malang.

Wawali Malang Sofyan Edi Jarwoko (kanan) mencoba e-Bike produksi SMK Nasional Malang bersama Camat Klojen Heru Mulyono (kiri)

Menurutnya, e-Bike ini merupakan produk kreatif yang layak dikembanglan guna memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. “Dalam beberapa bulan terakhir sebagian besar warga masyarakat berpola hidup sehat dengan gemar bersepeda. Di sinilah ada peluang besar,” imbuh Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko.

Pria berkacamata tersebut menambahkan, sebagai kota yang juga berlabel kota kreatif, sejauh ini banyak bermunculan berbagai kreativitas. Khususnya dari kalangan kaum muda, seperti karya siswa SMK Nasional ini yang sangat membanggakan berbagai pihak. “Kami tentu akan memberi dukungan sepenuhnya agar kreativitas ini terus bertumbuh,” urainya.

Lebih jauh dia menyampaikan jika produk ini harus dikembangkan lebih luas agar juga membuka peluang usaha bagi masyarakat. “Sehingga di tengah pandemi ini secara otomatis ekonomi masyarakat terus bergeliar. Intinya, dengan kreativitas dan atau inovasi maka hal tersebut menjadi jawaban berbagai permasalahan saat pandemi, khususnya sektor ekonomi,” ungkap Bung Edi.

Sementara itu, Kepala SMK Nasional Kota Malang, Drs. Muhammad Taufik mengatakan e-bike  ini sebagai salah satu bukti bahwa pihaknya tetap produktif meski di tengah pandemi Covid-19. “Kita tidak boleh betpangku tangan meski dalam kondisi sulit karena banyak yang bisa kita perbuat untuk bangsa ini,” tuturnya.

Untuk membuat satu unit sepeda elektrik ini, terang Taufiq, dibutuhkan waktu 4-5 hari. Untuk harga sepeda, dipatok mulai harga Rp4 juta hingga Rp12 juta, tergantung dari jenis dan tingkat kesulitan pembuatannya. Pada momen ini, Wakil Wali Kota Malang langsung membeli 1 unit sepeda sebagai wujud apresiasi. (say/ram/yon)

You may also like

Skip to content