Berita

Musda IX MUI Kota Malang, KH Baidlowi Muslich Kembali Terpilih

Blimbing (malangkota.go.id) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) khususnya di Kota Malang, harus berperan aktif dalam setiap sendi kehidupan bermasyarakat. Terutama di tengah kondisi saat ini seperti dalam upaya meredam merebaknya virus Covid-19. Apa yang disampaikan oleh para ulama akan dapat mereduksi gejolak yang ada sehingga kehidupan masyarakat lebih tenteram.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat memberikan sambutan sekaligus membuka Musda IX MUI Kota Malang

Hal itu disampaikan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji dalam acara pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) IX MUI Kota Malang yang digelar di Hotel Savana, Sabtu (26/12/2020). Adapun tema yang diusung dalam Musda kali ini yaitu ‘Meneguhkan Peran Ulama Dalam Memperkokoh NKRI serta Mewujudkan Malang Kota yang Bermartabat”.

Dari Musda ini, dikatakan Wali Kota Malang hendaknya tidak hanya sekedar memilih kepengurusan baru tapi lebih kepada bagaimana semakin membaiknya kehidupan beragama dengan mengontrol serta menyelesaikan berbagai permasalahan umat.

Yang juga perlu disikapi, terang Sutiaji, tentang label halal akan segera dilaksanakan dan bagaimana fungsi dan peran MUI dalam program tersebut. “Di sisi lain, perdagangan bebas semakin kuat dan bagaimana MUI turut menguatkan ekonomi kerakyatan,” urainya.

Keberadaan MUI ini, kata Sutiaji, sebagai salah satu bukti jika negara ini bukan negara sekuler karena apa pun yang kita lakukan akan ada akibatnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kota Malang KH Baidlowi Muslich mengatakan jika selama ini peran para ulama sangat besar, terutama dalam sejarah kemerdekaan bangsa ini. “Salah satunya yaitu peringatan 10 November sebagai Hari Pahlawan. Para ulama turut berjuang di garda terdepan dalam mewujudkan kemerdekaan,” ujarnya.

Kiai sepuh tersebut menyampaikan jika MUI Kota Malang selama ini sudah turut mewujudkan kehidupan yang aman, tenteram dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam Musda kali ini, Kiai Baidlowi terpilih kembali sebagai Ketua MUI Kota Malang periode 2021-2025. Ke depan, dikatakan Kiai Baidlowi, MUI akan terus berjuang dan berjalan beriringan dengan Pemerintah dalam mewujudkan kemaslahatan dan kesejahteraan umat.  “Di Kota Malang, MUI akan turut menciptakan rasa aman dan mewujudkan Kota Malang yang bermartabat,” tegasnya. (say/yon)

You may also like

Skip to content