Berita

Menyelesaikan Masalah Umat dengan Safari Ramadan

Malang, (malangkota.go.id) – Berbagai upaya dilakukan Pemkot Malang untuk terus menekan berbagai permasalahan di masyarakat, seperti membantu orang kurang mampu, menekan Covid-19 dan agar masyarakat taat terhadap aturan pemerintah. Kali ini dilakukan Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji dengan Safari Ramadan di Masjid Shirothol Mustaqim, Jalan Raya Bandulan Gang 1, Sukun, Kota Malang, Selasa (27/04/2021) malam.

Wali Kota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan berbagai pesan agar masyarakat memahami semua programnya dan tetap produktif meski di tengah pandemi Covid-19

Usai menyerahkan bantuan sebesar Rp15 juta, pria berkacamata itu mengajak warga agar tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, dia juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan mudik sesuai dengan yang ditetapkan pemerintah pusat. Sehingga Covid-19 dapat terus ditekan. Diberikannya bantuan tersebut tidak hanya untuk masjid, tapi juga untuk membantu sesama seperti anak yatim dan kaum duafa.

Sebanyak lima masjid yang ada di lima kecamatan di kota ini, dalam rangkaian Safari Ramadan ini secara bergantian akan mendapat bantuan serupa. Masjid-masjid ini pun diharapkan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di masyarakat, seperti halnya untuk tempat kajian, penyaluran bantuan dan sebagai tempat pembelajaran.

“Sehingga masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, tapi juga harus turut menyejahterakan serta mencerdaskan warga masyarakat dan di sinilah peran aktif takmir masjid sangat menentukan,” tegas Wali Kota Sutiaji yang didampingi Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko.

“Apa yang menjadi tugas kita, berbagi dengan para takmir masjid dan para takmir hendaknya turut menginformasikan dan mengedukasi kepada para jemaahnya untuk melakukan apa yang menjadi kepentingan masyarakat. Sering saya sampaikan bahwa masjid tidak hanya untuk ibadah mahdhah saja, seperti salat,” urai orang nomor satu di Pemkot Malang itu.

Lebih jauh dia menyampaikan, bagaimana dari sebuah masjid dapat mengimplementasikan dari setiap salat yang dikerjakan ke dalam kehidupannya. Misalnya memikirkan anak yatim, memikirkan orang yang kurang mampu terkait kesehatan, tentang sekolah dan lain-lain.

Saat kegiatan seperti ini sejumlah kepala dinas pun dilibatkan, seperti Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, kepala Dinas Lingkungan Hidup, Direktur Utama Perumda Tugu Tirta dan lain-lain. Sehingga jika ada keluhan atau pertanyaan dari warga terkait pelayanan dari jajaran Pemkot Malang bisa langsung ditangani dengan baik. (say/ram)

You may also like

Skip to content