Berita Kesehatan

Wali Kota Sutiaji Apresiasi Donor Plasma Konvalen

Malang (malangkota.go.id) – Plasma konvalesen digadang-gadang menjadi alternatif pengobatan Covid-19. Di Kota Malang, Tugu Media Group melalui Tugu Media Peduli bekerja sama dengan PMI Kota Malang, menggelar donor massal plasma konvalesen di gedung DPRD Kota Malang, Kamis (12/8/2021). Banyak pihak yang mendukung gerakan ini dapat mewujudkan bank plasma konvalesen ‘dari Malang untuk Indonesia.’

Wali Kota Malang saat hadir dalam kegiatan donor Plasma Konvalen

Kegiatan tersebut mendatangkan sekitar 94 sukarelawan calon pendonor plasma konvalesen. Para calon pendonor dilakukan pemeriksaan administrasi hingga dinyatakan lolos skrining, sebelum donor plasma yang dilakukan di kantor PMI Kota Malang dalam waktu dekat.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji mengapresiasi tindakan Tugu Media Group dan PMI Kota Malang untuk mewujudkan bank plasma konvalesen. Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, kata dia, mendukung penuh langkah ini. Kolaborasi pihak terkait seperti ini menurutnya perlu terus dikuatkan.

“Jumlah yang sudah mendaftar donor plasma hari ini sudah 90-an, ini luar biasa. Kami ucapkan terima kasih, setetes darah yang kita berikan ini berharga bagi nyawa saudara kita semua,” terangnya.

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika juga turut mengapresiasi Tugu Media Group, PMI Kota Malang dan para calon pendonor yang menyempatkan waktnya hadir pada acara yang digelar di kantor DPRD Kota Malang tersebut. Made bahkan mengusulkan, niat baik para calon pendonor harus disambut baik. Jika pun tidak lolos skrining donor plasma, bisa diarahkan untuk donor darah.

“Saya salut pada tugumalang.id ini, makanya kami DPRD memfasilitasi acara ini meskipun masa PPKM. Plasma konvalesen ini saya tahu banyak yang membutuhkan, makanya di sini saya izinkan,” kata Made.

Tidak hanya itu, Made juga siap membantu proses anggaran yang dibutuhkan PMI Kota Malang untuk menambah alat donor plasma konvalesen. Karena jika jumlah pendonor banyak, namun tidak didukung dengan peralatan dan perlengkapan yang memadai, tidak akan berjalan optimal. “Kita cari alat yang mahal tidak masalah, karena yang mahal pasti bagus kan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolresta Malang Kota AKBP Budi Hermanto yang juga menjadi penyintas, menyebut bahwa keselamatan masyarakat adalah hukum paling tinggi. Kapolresta Malang Kota ini pun senang bisa tes skrining donor plasma secara simbolis, dan juga bisa mengajak 57 rekan-rekan polisi para penyintas untuk donor plasma konvalesen di kantor DPRD Kota Malang.

“Saya ingin berbuat bagi masyarakat Kota Malang dan Malang Raya. Makanya itu yang menggerakkan saya sehingga saya harus ikut dalam donor plasma Tugu Media ini. Ada 57 anggota yang kami daftarkan, tinggal kami nanti skrining apakah dari hasilnya lolos atau tidak. Apabila donor plasma ini tidak lolos, minimal kami tetap melaksanakan donor darah untuk langkah kegiatan hari kemerdekaan Republik Indonesia,” kata perwira dua melati tersebut.

Hal senada disampaikan Ketua Komite Manufaktur Kadin Jatim Sim Putra, penyintas yang datang dari Surabaya tersebut. Kegiatan yang dilakukan Tugu Media Group bukan lagi sebatas gerakan, tapi sudah berupa tindakan. Hal ini menurutnya perlu dukungan dari berbagai pihak, utamanya dorongan dari pemerintah.

“Yang dilakukan Tugu Media dan PMI hari ini bukan sebatas gerakan, tapi sudah tindakan. Dan ini mudah-mudahan manfaatnya terasa untuk penanganan Covid-19,” kata pria yang juga Owner PT. Beton Indotama Surya itu.

Ketua PMI Kota Malang Imam Buchori mengatakan kebutuhan akan plasma konvalesen di Kota Malang memang cukup banyak. Imam Buchori menyebut ada sekitar 351 indent plasma konvalesen di PMI Kota Malang. Sementara jumlah tersebut tidak sebanding dengan pendonor yang jumlahnya masih minim. Maka kegiatan mewujudkan bank plasma konvalesen ini menurutnya sebagai tindakan yang luar biasa.

“Kami harapkan adanya tindakan ini bisa menambah stok plasma konvalesen. Dari Malang, bisa untuk melayani seluruh Indonesia. Maka kami ucapkan terima kasih banyak kepada Tugu Media Group, ini bisa terlaksana hari ini dan selanjutnya,” terangnya.

CEO Tugu Media Group Irham Thoriq mengucapkan terima kasih kepada para calon pendonor yang datang, instansi dan lembaga yang mendukung lancarnya program mewujudkan bank plasma konvalesen Kota Malang ini, dan juga kepada para sponsor.

“Kegiatan ini bagian dari tugas kami sebagai media, memenuhi kewajiban intelektual yaitu dengan kecerdasan anak-anak bangsa, dengan karya-karya berkualitas dan anti-hoaks. Begitu juga kewajiban moral kami membantu semua saudara kami yang sedang kesulitan,” kata pria yang tinggal di Sanan Kampung Tempe tersebut.

Sebagai informasi, bagi Anda yang ingin berdonor plasma konvalesen, juga ingin berdonasi dalam bentuk materi untuk disalurkan kepada para pendonor, bisa menghubungi Tugu Media Peduli atas nama Fajrus di nomor 08563616435.

Hadir juga pada acara ini, Wakil Wali Kota Malang Ir. Sofyan Edi Jarwoko, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona, Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content