Berita

Pemkot Malang dan MES Berkolaborasi Wujudkan Malang Halal

Klojen (malangkota.go.id) – Membantu usaha kecil khususnya di bidang kuliner agar bisa mengembangkan usahanya, Pemerintah Kota Malang terus melakukan berbagai terobosan. Termasuk kali ini bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menyelenggarakan webinar sistem penjaminan mutu halal internal secara virtual, Sabtu (21/8/2021).

Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko, Founder Halal Center Cinta Indonesia (HCCI) Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Bisri, MS, Ketua Dewan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Makhrus Sholeh.

Webinar sertifikasi halal

Sofyan Edi Jarwoko sangat mengapresiasi adanya kegiatan webinar sertifikasi halal secara internal ini di Kota Malang. Kegiatan ini akan sangat membantu usaha kecil di Kota Malang mengembangkan usaha. “Sesuai dengan filosofi, Malang Halal tentu saja bukan hanya bentuk fanatisme keyakinan tertentu,” jelas Bung Edi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan produk-produk asal Kota Malang bisa diterima pasar dengan adanya kepastian sertifikasi halal. Tentu saja nantinya harus sesuai dengan aturan dan undang-undang yang berlaku. Proses ini harus terus dilakukan secara benar, secara konsisten supaya hasilnya juga bisa sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga bisa membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang selama ini sudah terbukti bisa menjadi penyangga ekonomi daerah.

Ketua MES Malang Makhrus Sholeh mengatakan kegiatan ini dilatarbelakangi membantu para pengusaha terutama usaha di bidang kuliner. Di mana selama ini mengurus sertifikasi halal sulitnya sangat luar biasa. “Saya selama ini mengurus sertifikasi halal sudah 10 tahun,tapi hingga kini masih belum berhasil,” ujar Makhrus.

Padahal potensi perkembangan halal food saat ini sangat luar biasa. Di mana saat berkunjung ke daerah–daerah sangat dibutuhkan sekali kepastian halal produk yang dikonsumsi dan digunakan. Dengan adanya kegiatan ini, Makhrus berharap bisa membantu UMKM mendapatkan kepastian sertifikasi halal. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content