Artikel

Betta Edan Siap Tampilkan Ikan Cupang Terbaik di Kontes Tulungagung

Lowokwaru (malangkota.go.id) – Memamerkan ikan hias andalan Kota Malang, Betta Edan siap bersaing di Tulungagung, Jawa Timur. Cupang terbaik hasil seleksi di Kota Malang ini siap ditampilkan pada kejuaraan Tulungagung Betta Kontes di Hotel Votel 11-12 September 2021.

Nando dan Nico melihat ikan cupang yang akan ditampilkan di kontes Tulungagung

Pembudidaya ikan cupang Kota Malang Nico Dwi Prasetyo mengungkapkan dirinya siap berangkat ke Tulungagung membawa ikan cupang andalan. Pihaknya berharap saat tampil nanti ada juara yang bisa dibawa ke Kota Malang.

“Pada situasi sulit saat seperti saat ini butuh kreativitas untuk bisa memasarkan ikan cupang. Salah satunya adalah dengan mengikuti kontes-kontes kejuaraan,” jelas Nico, Jumat (11/9/2021).

Dari pengalaman selama ini, dia menampilkan di berbagai kejuaraan ikan cupang hasil budidaya arek-arek Malang sering meraih juara. Dengan bisa membawa prestasi biasanya permintaan ikan cupang dari Kota Malang langsung banjir pesanan. Dengan mengikuti kejuaraan juga bisa dipantau bagaimana tren ikan cupang di berbagai daerah di Indonesia.
“Itu menjadi referensi yang baik untuk mengembangkan ikan cupang yang bisa diandalkan,” ujar Nico.

Pada kejuaraan di Tulungagung nanti dipertandingkan berbagai nomor, baik itu yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) maupun standar IBC. Selain ikan cupang, untuk hari terakhir acara di Tulungagung juga akan diisi dengan pameran dan gathering ikan predator.

Hal senada juga juga disampaikan pemilik usaha ikan cupang Betta Edan, Nando Adyaksa, mengatakan meski saat ini usaha ikan cupang banyak yang lesu. Namun ikan cupang jenis kontes pasarnya masih bagus, terutama di luar daerah.

“Alhamdulillah di saat pandemi saat ini banyak yang mengeluh jualan ikan cupang sepi, kami saat ini masih begitu banyak pesanan. Ini tak lepas dari produk kami yang lebih fokus menjual ikan cupang untuk kontes,” tegas Nando.

Untuk ikan cupang kontes cara promosi yang efektif, di antaranya dengan mengikuti berbagai kejuaraan yang ada. Pasalnya saat menjadi juara berarti akan semakin mengenalkan ikan cupang asal Kota Malang kepada peserta dan penonton. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content