Berita

Pemkot Malang Terima Kunjungan Kerja Pemkot Banjarmasin

Klojen (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang menerima kunjungan kerja dalam rangka studi komparatif dari Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin. Kunjungan kerja ini dipimpin Wakil Wali Kota Banjarmasin H. Arifin Noor dan diterima oleh Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko di Gazebo Balai Kota Malang, Jumat (29/10/2021).

Diskusi berlangsung gayeng di Gazebo Balai Kota Malang saat kunker Pemkot Banjarmasin ke Pemkot Malang

Bung Edi, sapaan Sofyan Edi Jarwoko menyebutkan Kota Malang memiliki tiga hal pokok yang menjadi cita-cita masyarakat Kota Malang, yakni Tri Bina Cita Kota Malang. “Kota Malang sebagai kota pendidikan, Kota Malang sebagai kota industri, dan Kota Malang sebagai kota pariwisata,” jelas Bung Edi.

Menurutnya, untuk mewujudkan cita-cita Kota Malang sebagai kota pendidikan tersebut sangat dibutuhkan keikutsertaan dan partisipasi dari seluruh stakeholder. Setelah panjang perjalanan, sehingga terbentuk suatu tatanan mata rantai ekosistem tentang pendidikan yang saling support dan mendukung.

“Ini yang paling penting, jadi peran serta seluruh elemen untuk mewujudkan satu ekosistem yang menjunjung dan menyukseskan bidang pendidikan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bung Edi mencontohkan seperti halnya masyarakat di kota pendidikan harus siap menerima mahasiswa dari mana saja, baik dalam negeri maupun mancanegara. Setelah itu situasi kondisi juga harus dijaga sehingga aman serta nyaman.

“Begitu juga untuk membangun keyakinan bagi orang tua yang ingin menyekolahkan putranya dan menetapkan Kota Malang sebagai tujuan belajar, mereka harus yakin anaknya di Malang itu aman, tidak terpengaruh hal yang negatif, dan lain sebagainya. Itu namanya ekosistem,” jelasnya lebih lanjut.

Kalau sudah terbangun stigma, sistem, dan ekosistem, disampaikan Bung Edi, maka kekuatan yang ada di Kota Malang adalah kekuatan sumber daya manusia (SDM). “Itu yang harus dioptimalkan sehingga lebih produktif. Dengan gagasan, ide, kreativitas, dan inovasi, apalagi sekarang ini di era perkembangan teknologi. Sehingga akan meningkatkan value yang ada di Kota Malang. Ini adalah salah satu cara untuk mewujudkan kesejahteraan,” tuturnya.

Melalui kunjungan seperti ini, kata dia, bisa saling mengambil hal-hal positif untuk diterapkan di wilayah masing-masing untuk kemajuan dan kebaikan wilayahnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor menyampaikan terima kasih kepada Pemkot Malang yang telah telah menerima kunjungan kerja dalam rangka studi komparatif dari Pemkot Banjarmasin ini. “Kami menilai Kota Malang ini adalah standarisasi pendidikan, disamping sudah tua, strategi pendidikannya pun dengan terobosan-terobosan payung hukum nya yang juga beragam dan sangat bagus,” ucapnya.

Dikatakannya, di Kota Malang ini mulai dari tingkat TK sampai perguruan tinggi sudah luar biasa kemajuannya. Sehingga ini yang menurutnya perlu untuk ditiru. “Mudah-mudahan kami dari Kota Banjarmasin dapat menyejajarkan, terutama dari segi kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk membuat Kota Banjarmasin menjadi kota pendidikan yang bisa bergengsi,” pungkasnya. (yon/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content