Berita Pelayanan Publik

Upaya Memelihara Kerukunan dan Toleransi di Bumi Arema

Malang, (malangkota.go.id) – Objek dan subjek pembangunan kuncinya ada pada kualitas sumberdaya manusia, dan makna dari membangun adalah suatu kebersamaan dan sinergi. Sedangkan untuk membentuk sumber daya manusia yang bermutu salah satunya harus dengan meningkatkan literasi.

Wali Kota Malang Sutiaji menghadiri acara yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang

Pesan ini yang disampaikan Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji saat membuka acara silaturahmi mitra kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang dengan Wali Kota Malang dalam rangka peningkatan kapasitas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk memelihara kerukunan dan toleransi di bumi Arema di Hotel Sahid Montana, Kamis (9/12/2021).

Ditambahkan pria berkacamata itu, untuk menguatkan kerukunan dan toleransi maka kualitas sumber daya manusianya harus mumpuni. Dengan demikian, maka apa yang diharapkan dari acara ini tidak sekadar cita-cita belaka. “Kerukunan dan toleransi akan turut menentukan sistem demokrasi yang lebih baik,” terang Sutiaji.

Pernyataan senada disampaikan Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Disampaikan pria yang juga Ketua Dewan Pembina Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Malang itu, bahwa Kementerian Agama telah menentukan tahun 2022 adalah tahun toleransi.

Oleh sebab itu, pria yang akrab disapa Bung Edi itu, semua pihak harus mawas diri dan jangan mudah terpancing oleh isu-isu yang dapat memecah belah persatuan yang sudah terbentuk kuat selama ini di Kota Malang. “Yang harus diwaspadai, pemicu intoleransi tidak hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri,” ungkapnya.

Jika kerukunan antarwarga dan umat beragama serta antar golongan terjaga dengan baik, maka sektor kehidupan lain akan bergerak. Seperti ekonomi, pendidikan, sosial, budaya dan politik. Hal ini salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Kota Malang.

Masalah kerukunan ini, kata dia, merupakan tanggung jawab semua pihak dan bukan hanya di pundak pemerintah. “Namun dengan kekuatan dan kebersamaan kita yakin bisa mengatasi semua masalah yang datang. Maka dari itu mari kita rapatkan barisan demi Kota Malang dan bahkan bangsa ini agar lebih baik ke depannya,” ajak Bung Edi.

Di pihak lain, Kepala Bakesbangpol Kota Malang Dra. Rinawati, MM berharap dari gelaran ini dapat mewujudkan apa yang disampaikan oleh Wali Kota Malang dan wakilnya tersebut. “Kami akan terus berupaya semaksimal mungkin guna mewujudkan Kota Malang yang bermartabat,” tuturnya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content