Berita Pelayanan Publik

Jembatan Pelor Tuntas Direnovasi, Makin Kokoh dan Ada Jalur Pejalan Kaki

Malang, (malangkota.go.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) telah menyelesaikan perbaikan Jembatan Pelor pada tahun anggaran 2021.

Jembatan Pelor

Alhasil jembatan penghubung jalur alternatif Oro-Oro Dowo dengan Samaan tersebut kini makin kokoh dengan struktur baja. Selain itu, jembatan dengan panjang 148 meter tersebut juga telah dilebarkan. Lebar awalnya hanya 1,9 meter yang kemudian ditambah menjadi 4,7 meter.

Kepala DPUPRPKP Kota Malang Ir. Diah Ayu Kusumadewi, MT mengungkapkan, bahwa aspirasi agar pejalan kaki yang melintas jembatan makin nyaman memang menjadi salah satu pertimbangan dilakukannya perbaikan jembatan.

“Dulu tidak ramah pejalan kaki, kalau jalan lewat situ pasti kesenggol-senggol. Jadi kami tambah satu meter jalur pejalan kaki di kanan kiri jembatan,” terang Diah.

Terkait operasional pemanfaatan kembali Jembatan Pelor oleh masyarakat umum, Diah menyampaikan, pihaknya masih melakukan perbaikan pada titik yang sempat mengalami kerusakan akibat ditabrak pengendara motor saat uji coba pembukaan akses beberapa waktu lalu.

“Jadi sebenarnya sudah sempat dibuka, tapi ada yang rusak tertabrak. Jadi masih kami benahi lagi. Kita upayakan secepatnya agar bisa dimanfaatkan masyarakat,” urai Diah.

Yang pasti, sambungnya, walaupun telah dilebarkan namun ketentuan kendaraan yang boleh melintas nantinya tetap dibatasi. Hanya bagi kendaraan roda dua demi keamanan dan kenyamanan pengguna. (ndu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content