Berita Pendidikan

Pemkot Malang Kolaborasi dengan Universitas Negeri Malang

Malang, (malangkota.go.id) – Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji menghadiri rapat sinergi Universitas Negeri Malang (UM) di Ruang Sidang Senat Graha Rektorat UM, Rabu (5/1/2022). Pertemuan ini salah satu bentuk kolaborasi Pemkot Malang dengan perguruan tinggi Kota Malang.

Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi Rektor Universitas Negeri Malang Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd

Sutiaji menuturkan, paradigma pendidikan harus diubah. Oleh karenanya, pentingnya membangun kolaborasi pentahelix untuk menguatkan sinergi dengan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media. “Sinergi ini diharapkan mampu menumbuhkan paradigma baru dalam dunia pendidikan,” ujar Sutiaji.

Bentuk kolaborasi ini terdiri dari tiga hal, yakni penguatan sumber daya manusia (SDM), penyetaraan para guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), pemberian beasiswa bidik misi yang diutamakan bagi masyarakat Kota Malang.

“Berkaitan dengan masalah kajian-kajian, saya kira juga bisa melibatkan dan kerja sama dengan UM. Kita membuat kebijakan pendidikan non-calistung, bagaimana analisis dan evaluasinya,” imbuh pria berkacamata itu.

Di UM, kata dia, gudangnya ahli pendidikan, bukan hanya manajemen. Tapi sudah mengarah pada teknologi pembelajaran dan seterusnya. Hal lain yang menjadi fokus kolaborasi Pemkot Malang dan UM terkait dan pembenahan infrastruktur.

“Rencana kami akan membuat underpass, titiknya masih kita kaji. Tapi kolaborasinya dengan UM tenaga ahlinya saya mohon dari UM untuk kajian detail engineering design (DED). Kalau untuk titiknya masih akan dibicarakan dengan Forum Lalu Lintas,” papar Sutiaji.

Sutiaji menambahkan alasan dia memilih UM dikarenakan melahirkan kualitas sumber daya manusia yang unggul terkait pendidikan. Selain itu, UM juga berencana membuat fakultas kedokteran yang salah satu syaratnya memiliki rumah sakit pendidikan. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Malang sebagai rumah sakit mitra.

“Banyaknya perguruan tinggi di Kota Malang, besar harapan dapat menjadi contoh bagi kota lainnya dalam penguatan pendidikan,” sambungnya.

Sementara itu, Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd mengapresiasi langkah Pemkot Malang untuk kolaborasi dalam menjawab tantangan pendidikan masa kini. Ia meyakini intensitas pendidikan yang tinggi selaras dengan kesejahteraan masyarakat Kota Malang. “Kolaborasi ini penting untuk menguatkan ekosistem pendidikan Kota Malang,” pungkasnya. (ari/des/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content