Lowokwaru, (malangkota.go.id) – Ternyata tidak hanya Pemerintah Kota (Pemkot) Malang yang fokus memberdayakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Malang. Namun sejumlah yayasan dan komunitas ikut tergerak hatinya memberdayakan keberadaan UMKM.

Para peserta foto bersama usai pelatihan pemberdayaan UMKM

Seperti yang dilakukan Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Cabang Malang menggelar pelatihan kepada 33 pelaku UMKM di RW 10 Kelurahan Tulusrejo, Kota Malang, Rabu (16/2/2022).

Panitia kegiatan dari BMH Malang Agus Wahyudi mengungkapkan, pelatihan bagi para UMKM bersama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kertanegara dan Istana Ikan ini merupakan wujud nyata pemberdayaan ekonomi. Di mana pada masa pandemi ini ekonomi warga banyak yang mengalami penurunan sehingga perlu terobosan nyata.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini bisa membangkitkan semangat warga dan pelaku UMKM untuk tetap kreatif dan bisa mandiri di tengah pandemi,” jelas Agus.

Agus menambahkan, kegiatan ini diisi dengan berbagai materi, mulai dari cooking class pembuatan nugget lele, budidaya lele sistem bioflok, dan marketing digital untuk membantu UMKM.

Kegiatan ini diikuti oleh warga dari RW 9 dan RW 10, Kelurahan Tulusrejo, mahasiswa dari STIE Kertanegara Malang, dan pelaku UMKM. Melalui acara ini diharapkan bisa menjadi penambah wawasan dan keterampilan masyarakat dalam mengembangkan usaha masing-masing pelaku UMKM.

“Adanya dukungan dari akademisi dan pelaku usaha diharapkan bisa menambah semangat para peserta. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan,” pungkasnya. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content