Malang, (malangkota.go.id) – Hingga saat ini Kota Malang hampir tiap hari diguyur hujan dengan intensitas tinggi, sehingga memicu terjadinya bencana alam, terutama banjir. Sehingga dari kondisi ini berbagai upaya dilakukan oleh Kota Malang, seperti halnya dengan menggencarkan Gerakan Angkat Sampah dan Sedimen (GASS).

Warga RW 4 Kelurahan Purwodadi bersama personil dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan DPUPRPKP Kota Malang berbaur membersihkan sungai

Terkait hal tersebut, pada Minggu (20/3/2022) warga RW 3 kelurahan Purwodadi kecamatan Blimbing menggelar GASS tersebut. Dalam kerja bakti ini, warga juga dibantu sejumlah personil dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP).

Kepala Bidang Persampahan dan Limbah B3, DLH Kota Malang, Sunarka saat ditemui di lokasi mengatakan jika pihaknya menggelar GASS ini secara rutin dan selalu membantu warga yang membutuhkan bantuan. Untuk kawasan Kelurahan Purwodadi ini, menurutnya, juga rawan terjadi luapan air sungai saat hujan deras.

“Dari luapan air ini bahkan hingga menggenangi pemukiman warga, yang juga dipicu oleh kurang lancarnya aliran air sehingga meluber ke pemukiman warga. Maka dari itu, hari ini kita melakukan pengerukan dan pembersihan sungai,” ujar pria berkacamata itu.

Meski GASS ini dilakukan secara rutin, namun Sunarka tetap imbau warga agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan jangan membuang sampah di aliran sungai atau drainase. Seperti halnya saluran air di depan rumah maupun yang dari rumah tangga. “Jika hal itu dilanggar dan terjadi banjir, maka masyarakatlah yang akan rugi dan merasakan dampaknya,” pesannya. (say/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content