Artikel Ekonomi dan Bisnis UMKM

Angkat Ikon Malang dalam Kaos, Firdi Panen Pesanan

Klojen, (malangkota.go.id) – Jelang Lebaran, ada banyak cara orang untuk meraih cuan dengan cara kreatif. Firdi Anto misalnya, dia mengeksplorasi berbagai keunikan Kota Malang untuk dijadikan gambar atau ilustrasi di kaos yang diproduksinya.

Firdi Anto menunjukan kaos buatannya dengan ikon Kota Malang

Melalui brand miliknya bernama Ruang 12, Firdi mengikuti acara Malang Fashion Week di gedung DPRD Kota Malang, Sabtu (23/4/2022). Ferdi menampilkan berbagai model kaos yang semuanya mengangkat tentang Malang.

Firdi Anto mengungkapkan mengapa usahanya diberi nama Ruang 12. Karena suporter sepak bola itu identik dengan pemain ke-12. Dengan diberi ruang tersendiri diharapkan suporter semakin banyak berkreasi membantu tim kesayangannya.

“Desain-desain kaos suporter buatan kami banyak terinspirasi dari tempat-tempat di Kota Malang, seperti Tugu Balai Kota, Kampung Warna Warni, dan sepak bola di Stadion Gajayana,” jelas Firdi.

Firdi mengaku bersyukur usahanya bisa berkembang sejak dirintis tahun 2013. Awalnya hanya memproduksi kaos 10 pcs, namun saat ini sudah mencapai ratusan pcs per pekan. Meski produk yang dibuatnya saat ini sudah banyak peminat, Firdi mengatakan pihaknya tetap menjual dengan harga yang terjangkau.

“Untuk kaos dijual dengan harga Rp100-Rp120 ribu. Smentara untuk aksesori dijual dengan harga Rp50-Rp60 ribu,” ujarnya.

Selain dari Kota Malang dan Malang Raya, Firdi mengatakan, kaos suporter yang dibuatnya juga banyak laku di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan dari Papua sudah rutin melakukan permintaan.

“Orang luar daerah biasanya sangat suka dibawakan oleh-oleh dari Malang kaos suporter. Itu yang membuat usaha kami sampai saat ini bisa berkembang,” ujar Firdi.

Selain melayani pembeli secara online melalui marketplace dan media sosial, Firdi juga melayani pembeli secara offline yang dititipkan di Kampung Warna Warni. (cah/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content