Berita Hukum, Politik, dan Pemerintahan Pelayanan Publik

Pembenahan Trotoar dan Drainase Jalan Majapahit Tingkatkan Konektivitas Spot-Spot Heritage

Malang, (malangkota.go.id) – Pascalibur Lebaran pengerjaan sejumlah infrastruktur Kota Malang kembali berjalan. Salah satunya adalah penataan trotoar dan drainase di Jalan Majapahit. Hal ini diharapkan turut mendukung kemudahan mengakses spot-spot bangunan dan lingkungan pada kawasan heritage pusat Kota Malang.

Petugas memperbaiki drainase dengan alat berat

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Ir. Diah Ayu Kusumadewi, MT menerangkan bahwa fokus pembenahan ada di sisi timur Jalan Majapahit hingga sisi utara Jalan MGR Soegijopranoto.

“Drainasenya dulu belum ada di sisi itu jadi kita siapkan. Kemudian pedestriannya kita perbaiki juga agar pejalan kaki lebih nyaman,” ujar Diah, Rabu (11/5/2022).

Dia menambahkan bahwa sistem drainase dan jalur pejalan kaki ini terkoneksi dengan rencana penataan Kayutangan heritage zona 3 yang prosesnya juga segera dimulai pekan depan. “Konsep besarnya sesuai arahan pak wali bukan hanya Kayutangan, tapi juga simpul mulai stasiun, balai kota, alun-alun tugu, kahuripan, majapahit bisa terkoneksi,” tambah Diah.

Total panjang trotoar dan drainase yang dibenahi DPUPRPKP lebih kurang 113 meter, terdiri dari ruas Majapahit sepanjang 75 meter dan MGR Soegijopranoto 38,4 meter. Sementara jenis perkerasan yang digunakan adalah ampyangan agar tidak licin dan ada keselarasan dengan pedestrian eksisting di sisi barat maupun di kawasan Kayutangan.

“Mohon maaf apabila ada sedikit gangguan perjalanan saat melintas akibat pengerjaan fisik saat ini,” pungkas Diah. (ndu/ram)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You may also like

Skip to content